Ratu BMX Indonesia Kuasai Banyuwangi

Senin, 4 April 2016 16:46 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Tampil di hadapan ribuan penonton yang  memadati Sirkuit Internasional BMX Muncar Banyuwangi, Minggu (03/04/16), Elga masih menjadi tercepat di round 2 women elite. Sejak start hingga tikungan pertama, Elga  menunjukkan dominasinya.

Selepas itu, Elga sempat dibayang-bayangi pebalap Thailand, Chutikan Kitwanitsathian. Namun menjelang garis finish, Kitwanitsathian justru bersaing sengit dengan Regina Patricia Panie asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Cupi Novianti dari Jawa Barat (Jabar).

'Gangguan' dari dua pebalap Indonesia ini sedikit banyak menguntungkan Elga. Pebalap BMX terbaik Indonesia itu mampu finish pertama. Kitwanitsathian dan Regina menguntit di posisi dua dan tiga.

"Kemenangan ini sudah sesuai target. Sejak awal, saya memang ingin juara di event ini. Tambahan poin penting untuk mengejar tiket olimpiade meski masih berat," ujar Elga seusai balapan.


Elga Kharisma Novanda saat berlaga di Banyuwangi International BMX Competition 2016.

Sebelum kejuaraan digelar, posisi Elga sendiri berada di peringkat 37 dunia. Sedangkan, untuk lolos ke Olimpiade minimal atlet putri terbaik versi SIWO PWI Jatim 2014 itu harus berada di peringkat 30 dunia. Untuk mengejar poin lagi, Elga akan tampil di kejuaraan di Jepang dan Thailand.

"Dua minggu setelah event ini saya akan ke Jepang. Setelah itu mungkin ke Thailand," akunya.

Pada round pertama, ratu balap sepeda BMX Asia Tenggara dari Indonesia, Elga menjadi yang terbaik di nomor women elite, Sabtu (02/04/16) kemarin, di Sirkuit Muncar. Elga memang tampil menonjol sejak Individual Time Trial (ITT). Ia juga mendominasi di fase races pertama hingga ketiga.

Dalam babak final, Elga juga tak tersentuh oleh para pesaingnya. Termasuk para pebalap dari Thailand dan Malaysia yang seolah tak berkutik menghadapinya. Elga juga mengungguli Regina dan Cupi yang finish di baris ketiga.