Menpora Bicara Soal Berita Hoax di Hari Pers Nasional

Kamis, 9 Februari 2017 11:24 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Insan media di Tanah Air merayakan Hari Pers Nasional tepat hari ini, 9 Februari 2017. Hari Pers Nasional yang ke-69 ini pun ikut dirayakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Lewat akun Twitter resminya, Menpora berbicara soal banyak beredarnya berita palsu atau hoax di jagat maya dalam beberapa waktu terakhir. Imam menyebutkan bahwa media di Indonesia butuh kerja jurnalistik yang disiplin untuk melawan hoax.

Di era digital seperti saat ini, Menpora mengungkapkan bahwa kerja jurnalis terasa semakin sulit mengingat beragam informasi bisa disebar luaskan oleh setiap orang lewat media sosial.

“Selamat Hari Pers Nasional. Ketika hoax dan berita palsu bertebaran, Indonesia sangat butuh kerja jurnalistik yang penuh disiplin verifikasi #HPN2017,” tulis Menpora, Imam Nahrawi di akun Twitter resminya.

“Dulu Informasi hak eksklusif jurnalis. Tapi teknologi bisa membuat informasi disebarkan oleh semua orang. Kerja jurnalis hari ini jauh lebih sulit #HPN2017,” sambungnya.

Hari Pers Nasional sendiri diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI, ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia.

Tahun 2017 ini, perayaan Hari Pers Nasional berlangsung di Ambon, Maluku dan sudah dihelat sejak tanggal 5 Februari hingga hari ini. Selamat Hari Pers Nasional!