Kalahkan Kevin Sanjaya, Eko Yuli Sabet Atlet Terbaik Jatim

Kamis, 23 Maret 2017 08:11 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Torehan prestasi sepanjang tahun 2016 membawa Ressa Kania Dewi dan Eko Yuli Irawan menjadi atlet terbaik Jawa Timur. Keduanya terpilih menjadi yang terbaik pada gelaran Anugerah Olahraga 2016 Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Rabu (22/03/17).

Eko dan Ressa terpilih menjadi atlet putra dan putri terbaik setelah dipilih sekitar 125 wartawan olahraga di Jatim yang menjadi responden dan tergabung dalam SIWO PWI.

Penghargaan itu diterima Eko atas prestasinya  meraih medali perak di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil dan medali emas PON XIX/2016 Jawa Barat di kelas 62 kilogram.

Eko (baju merah) saat menerima penghargaan atlet terbaik Jatim 2016.

Pria kelahiran 24 Juli 1989 itu berhasil mengalahkan atlet-atlet hebat lain yang menjadi nominator. Di antaranya seperti Anthony Susanto (tenis), M. Oky Andrianto (sepatu roda), Ficky Supit (tenis meja), dan pebulutangkis yang baru saja meraih gelar juara All England 2017, Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Sementara untuk kategori putri, Ressa Kania yang merupakan perenang nasional terpilih menjadi atlet terbaik Jatim 2016 setelah mengungguli rekannya sesama perenang, Adinda Larasati dan Nurul Fajar Fitriyati, serta atlet lainnya , yakni Della Dinarsari (loncat indah), Aldila Sutjiadi (tenis) dan Tanya Roumimper (bowling).

Ditanya mengenai perasaannya mendapat penghargaan dari para wartawan olahraga, Eko mengaku bersyukur dan berharap prestasi ini semakin memacunya untuk terus meningkatkan kemampuan agar bisa kembali terpilih menjadi atlet terbaik.

"Jujur senang dapat penghargaan ini. Ini bisa menambah semangat saya. Semoga PON Papua tetap bisa meraih emas lagi. Dan dengan award ini mudah-mudahan teman-teman atlet lainnya terpacu untuk  menorehkan prestasi kedepan," ucap pria yang sudah tiga kali membawa nama Indonesia di ajang Olimpiade tersebut.

Ressa memamerkan piagam atlet terbaik Jatim 2016.

Hal senada juga disampaikan oleh Ressa yang ternyata baru pertama kali meraih penghargaan atlet terbaik versi SIWO PWI tersebut.

"Senang bisa mendapat award, karena ini baru pertama kali. Ini akan jadi motivasi saya ke depan. Semoga dapat membawa nama baik Jatim di PON Papua empat tahun lagi dan dapat kembali berprestasi di tingkat internasional," kata Ressa.

Kategori dan penerima penghargaan di SIWO Award 2016

1. Atlet Putra Terbaik - Eko Yuli Irawan

2. Atlet Putri Terbaik - Ressa Kania Dewi

3. Pelatih Terbaik - Nurul Ansori

4. Tim/Beregu/Duet Terbaik - Tim Renang Putri Jatim

5. Atlet Paralimpian Berprestasi - Mutiara Cantik Harsanto

6. Atlet Muda Berbakat - Putri Nursyabani

7. Induk Organisasi Olahraga Berprestasi

- FASI (Federasi Aero Sport Indonesia)

- POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia)

- PGI (Persatuan Golf Indonesia)

- PERSEROSI (Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia)