SEA Games 2017

Bertepatan Idul Adha, Penutupan SEA Games 2017 Dimajukan

Selasa, 18 April 2017 14:33 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Panitia SEA Games 2017 memutuskan untuk membuat perubahan jadwal pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut. Rencana semula, SEA Games Kuala Lumpur akan dimulai pada 19 Agustus dan berakhir pada 31 Agustus mendatang. Namun ternyata, 31 Agustus bertepatan dengan hari raya besar di negeri mayoritas Muslim tersebut, yakni Idul Adha tahun ini.

Panitia pun mengumumkan perubahan waktu upacara penutupan yang dimajukan sehari, yakni ke tanggal 30 Agustus. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin. Ia juga menegaskan perubahan ini tak akan jadi masalah besar.

"Tanggal penutupan SEA Games dimajukan satu hari, dari 31 Agustus menjadi 30 Agustus. Bagi kami, ini waktunya untuk merayakan acara religius Muslim, yang jatuh tepat pada 31 Agustus," jelas Khairy seperti dikutip Channel News Asia.

© MyNewsHub
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin. Copyright: MyNewsHubMenteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin.

"Namun ini tak menjadi masalah besar dalam konteks venue atau akomodasi kompetisi karena kami telah membuat periode persiapan sejak awal kompetisi," tambahnya.

Khairy juga melanjutkan, keputusan ini juga berdampak pada berubahnya beberapa jadwal pertandingan cabang olahraga. Namun ia menegaskan pada 30 Agustus nanti, seluruh cabor sudah akan selesai.

1