Festival Akuatik 2017

Ini Alasan Perenang Sumsel Belum Raih Medali Emas di Festival Akuatik 2017

Senin, 24 April 2017 19:23 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Ramadhan
© Muhammad Efendi/Indosport
731 Perenang Ikuti Festival Aquatik di Palembang Copyright: © Muhammad Efendi/Indosport
731 Perenang Ikuti Festival Aquatik di Palembang

Sejauh ini, belum ada medali emas yang berhasil disabet perenang Sumsel. Namun, bukan tanpa alasan, karena dari 43 atlet yang diturunkan hanya tiga atlet senior. Hanya tiga atlet senior ikut serta yakni Sinta, Okta dan Raudha. Perenang Sumsel rata-rata didominasi perenang usia 13-16 tahun.

“Pertandingan renang terakhir besok, atlet kita juga masih ada yang turun. Tapi memang harapan meraih medali cukup sulit,” kata Sekretaris Umum PRSI Sumsel, Hunce J Hamzah.

Menurutnya, sejauh ini hasil terbaik yang bisa diraih perenang Sumsel adalah menempati peringkat ketujuh di Final B.

Ada yang menempati peringkat 12 di babak penyisihan kelompok umur. Hasil yang masih jauh dari harapan, mengingat sebenarnya Sumsel punya bibit atlet potensial dan fasilitas di Aquatic Stadium berstandar Internasional. Bahkan Sumsel kalah bersaing dengan Lampung yang bisa meraih dua perunggu.

© Muhammad Efendi/Indosport
731 Perenang Ikuti Festival Aquatik di Palembang Copyright: Muhammad Efendi/Indosport731 Perenang Ikuti Festival Aquatik di Palembang

“Di kejurnas ini kelasnya sudah seperti Indonesia Open, karena atlet pelatnas pun ikut serta. Tapi tetap di kelompok umur juga belum menunjukkan ranking yang baik, rata-rata rangking enam dan tujuh,” ucapnya.

Pihaknya akan segera berbenah. Perbaikan dari segi latihan, hingga kemungkinan menggunakan jasa pelatih asing siap direalisasikan demi mencapai prestasi terbaik.