Mengenal Joshua, Petinju Muslim Titisan Muhammad Ali

Minggu, 30 April 2017 14:42 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© INDOSPORT/Getty Images
Anthony Joshua. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Anthony Joshua.

Siapa yang tidak mengenal Muhammad Ali? Dia merupakan petinju penguasa kelas berat yang taat sejak memutuskan memeluk agama muslim pada 1964. Kini, Ali memiliki penerus di kelas berat atas nama Anthony Joshua.

Ya, Muhammad Ali adalah salah satu petinju kelas berat tersukses di eranya. Sejak memutuskan untuk memeluk agama islam pada 1964, petinju asal Amerika Serikat itu berhasil meraih kemenangan demi kemenangan.

Dari total 61 pertarungan, Ali total berhasil meraih 56 kemenangan, di antaranya 37 knock out (KO), dan lima kali menelan kekalahan. Setelah petinju yang memiliki julukan The People Champions itu meninggal dunia, kini dunia tinju kembali kedatangan penguasa baru dunia tinju kelas berat.

Namanya Anthony Oluwafemi Olaseni Joshua. Petinju kelahiran Watford, Inggris tersebut baru saja menambah koleksi gelar kelas berat setelah memukul KO Wladimir Klitschko pada ronde ke-11 dalam pertandingan yang berlangsung di Wembley, London, Minggu (30/04/17).

© @Tutsy22
Anthony Joshua sang penerus Alm. Muhammad Ali. Copyright: @Tutsy22Anthony Joshua sang penerus Alm. Muhammad Ali.

Kesuksesan Joshua mendapatkan gelar juara kelas berat versi IBF, IBO, dan WBA membuat banyak penggemar tinju mulai menyamai prestasinya dengan Ali.

© @Tutsy22
Anthony Joshua sang penerus Alm. Muhammad Ali. Copyright: @Tutsy22Anthony Joshua sang penerus Alm. Muhammad Ali.

Meski demikian, tentu banyak pembaca setia INDOSPORT tidak yang mengenalnya. Berikut ini, kami akan berusaha mengulas profil singkat mengenai Joshua.

6