Wow, Nilai Duel McGregor vs Mayweather Ditaksir Capai Triliunan!

Selasa, 6 Juni 2017 15:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Duel akbar antara juara dunia tinju, Floyd Mayweather, dan juara dunia UFC, Conor McGregor, telah dinanti-nanti para pencinta dunia tarung. Keduanya terkenal dengan bayaran tinggi dan gaya hidup yang glamor.

Pertarungan Mayweather vs Manny Pacquiao pada 2015 lalu mencapai rekor 623,5 juta dolar AS, atau sekitar Rp8,3 triliun. Lantas, berapa nilai keuntungan untuk Mayweather vs McGregor jika duel ini benar terwujud?

 

Pounds and a few Euros.

A post shared by Floyd Mayweather (@floydmayweather) on

ESPN membuat perkiraan nilai pertarungan ini berdasarkan tiket penjualan, pay-per-view, sponsor, dan penjualan suvenir, dari prediksi beberapa pelaku bisnis tinju.

Baca Juga

Penjualan tiket Mayweather vs Pacquiao pada Mei 2015 lalu menghasilkan 72,7 juta dolar dari 16.219 tiket yang terjual di MGM Arena. Satu tiketnya dihargai rata-rata 4.451 dolar.

Jika duel dengan McGregor diadakan di T-Mobile Arena di Vegas, akan ada tambahan 3.200 kursi lagi yang bisa dijual. Namun karena ini bukan pertarungan gelar juara dunia, harga tiket diprediksi tak setinggi duel dua tahun lalu itu. Diperkirakan, penghasilan dari tiket akan senilai 71,1 juta dolar atau sekitar satu triliun rupiah.

© Zuffa LLC/Frederic J Brown/Getty Images
Floyd Mayweather Jr dan Conor McGregor. Copyright: Zuffa LLC/Frederic J Brown/Getty ImagesFloyd Mayweather Jr dan Conor McGregor.

Sementara penghasilan terbesar datang dari siaran televisi pay-per-view. Perwakilan dari saluran tv HBO memprediksi, harga tontonan ini bisa mencapai 100 dolar dan ditaksir meraih 475 juta dolar (sekitar Rp6,3 triliun) keuntungan.

Namun karena duel ini bisa dinikmati pencinta tinju dan UFC yang tak kalah populernya, bisa dipastikan total penghasilannya melampaui pertarungan vs Pac-Man yang senilai 455 juta dolar.

© mirror.co.uk
Penampilan Conor McGregor saat melawan Eddie Alvarez. Copyright: mirror.co.ukPenampilan Conor McGregor saat melawan Eddie Alvarez.

Enam perusahaan yang menyokong pertarungan Mayweather vs Pacquiao dengan biaya sponsor sebesar 18,4 juta dolar. Namun berkat kepopuleran kedua bintang berbeda aliran ini, bisa diproyeksikan biaya sponsor lebih besar, yakni 22 juta dolar (Rp292 miliar).

Begitu pula dengan penjualan suvenir khas mereka berdua yang diperkirakan berlipat ganda dari pertarungan terakhir Mayweather, yakni sekitar 2 juta dolar (Rp27 miliar).

 

Solid work today. Sign your end Floyd or you are just a mouth.

A post shared by Conor McGregor Official (@thenotoriousmma) on

Namun pertarungan Mayweather vs McGregor akan kalah nilai dari segi taruhan legal di Amerika Serikat, yakni Nevada Betting. Jika Mayweather vs Pacquiao bernilai 70 juta dolar, pertarungan juara tinju vs juara UFC itu hanya akan bernilai 30 juta dolar. Lagi-lagi alasannya karena ini bukan perebutan gelar.

Dan jika ditotal, The Money Man vs The Notorious "hanya" akan bernilai 606,1 juta dolar AS, atau sekitar 8 triliun rupiah, berselisih 17,4 juta dari laga Money Man vs Pac-Man.

IDS Emoticon Suka
Suka
22%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
11%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
22%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%