SEA Games 2017

Sikap Tegas PSSI Terkait Nasib Timnas Futsal di SEA Games

Rabu, 19 Juli 2017 11:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia.

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra Indonesia belakangan dikabarkan akan mundur dari SEA Games 2017. Penyebab utama dari permasalahan tersebut disinyalir terkait dana yang tak kunjung keluar dari pihak Federasi Futsal Indonesia (FFI). Keadaan tersebut pun membuat asosiasi sepakbola Indonesia, PSSI, angkat bicara.

PSSI yang membawahi federasi futsal justru menginginkan Timnas Futsal Putra tetap berangkat ke SEA Games. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menyatakan pihak sudah menerima surat keterangan dari FFI mengenai nasib Timnas Futsal. Akan tetapi, ia menegaskan PSSI tetap berkomitmen agar tim asuhan Vic Hermans itu tetap ambil bagian di ajang dua tahunan tersebut.

© Instagram@timnasfutsal
Skuat Timnas Futsal. Copyright: Instagram@timnasfutsalSkuat Timnas Futsal.

"Saya sudah terima surat dan laporan dari FFI soal mundurnya Timnas Futsal. Tapi PSSI menyatakan Timnas Futsal tetap harus ikut," ujar Joko Driyono.

Baca Juga

"Futsal sudah terdaftar sebagai cabang yang ikut SEA Games. Pak Ketua Umum (PSSI) juga maunya futsal ikut, karena ini bukan mewakili PSSI atau FFI, tapi Indonesia," sambungnya.

© istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20. Copyright: istimewaTimnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

Sebelumnya kepastian mundurnya Timnas Futsal Putra dari SEA Games dikabarkan Wakil Ketua Federasi Futsal Indonesia, Syafril Nasution. Namun, hingga saat ini, pihak FFI belum juga memberikan keterangan secara resmi. Sekjen FFI, Edhi Prasetyo, juga belum bisa memberikan jawaban lantaran tidak bisa dihubungi.

Kondisi dan nasib Timnas Futsal Putra justru berbeda dengan tim putri yang hingga saat ini masih melakukan pemusatan latihan dan berpeluang ke SEA Games 2017. Para pemain Timnas Futsal Putra hingga saat ini belum juga berkumpul meski tim pelatih sudah memanggil 31 nama dan menunggu di Lombok sejak awal bulan ini.