(FOTO) Kelar Oktober, Ini Tampilan Wajah Baru GBK Nanti Setelah Renovasi

Sabtu, 22 Juli 2017 17:52 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/Indosport
GBK Jelang Asian Games 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
GBK Jelang Asian Games 2018.

Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), memberikan sedikit bocoran mengenai wajah baru Gelora Bung Karno (GBK) yang kini masih dalan tahap renovasi. GBK diproyeksikan baru akan selesai pada Oktober 2017 mendatang dan akan dipergunakan terlebih dahulu untuk test event cabang olahraga (cabor) pada awal 2018 mendatang.

“Ini dia wajah baru Stadion Utama GBK nanti,” ujar Gatot sembari memberikan foto gambaran desain GBK.

© Dok: Kemenpora
Desain wajah baru stadion GBK. Copyright: Dok: KemenporaDesain wajah baru stadion GBK.

Setiap detail dari GBK memang diperhatikan betul mengingat stadion yang dibangun pada 24 Juli 1962 akan kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga Se-Asia, setelah terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut lebih dari 50 tahun lalu.

Untuk urusan pengamanan area stadion, Kemenpora masih akan mengacu pada peraturan yang diterapkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) yang berlaku. Nantinya, Stadion GBK akan tetap mengutamakan aspek kemanan para penonton yang menyaksikan pertandingan di dalam area, namun tetap mempertimbangkan karakter penonton Indonesia.

“Akan mengacu pada aturan FIFA tahun 2011. Kalau yang ada sekarang di Kemenpora regulasinya mengacu FIFA 2007. Risikonya Permenpora harus diubah segera,” jelas Gatot.

“Beda 2007 dan 2011, jika 2007 lebih berlapis, sedang 2011 lebih longgar. Hanya saja akan tetap memperhatikan aspek lokal karena karakter penonton di Eropa dan di sini tentu beda,” tutup Gatot.

© Dok: Kemenpora
Desain wajah baru stadion GBK. Copyright: Dok: KemenporaDesain wajah baru stadion GBK.