SEA Games 2017

755 Orang Siap Harumkan Nama Indonesia di SEA Games 2017

Selasa, 1 Agustus 2017 13:40 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Kontingen Indonesia akan berkekuatan 755 orang dalam mengarungi ajang SEA Games 2017 Malaysia, 19-30 Agustus mendatang. Hal itu dipastikan oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Jumlah tersebut telah termasuk gabungan dari atlet, pelatih, serta tim pendukung lainnya. Adapun penentuan jumlah kontingen Indonesia setelah adanya pemaparan oleh Satlak Prima maupun Komite Olimpiade Indonesia (KOI) kepada pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada rapat koordinasi di Jakarta, Senin, (31/07/17).

© Info Kemenpora
Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto saat memimpin rapat laporan hasil evaluasi Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 Baku, Azerbaijan di Kantor Kemenpora. Copyright: Info KemenporaSesmenpora, Gatot S Dewa Broto (tengah) saat menggelar rapat dengan Satlak Prima.

"Kemenpora ingin memastikan jumlah atlet, manajer, ofisial pelatih, perangkat CDM dan KOI yang akan mengikuti SEA Games 2017. Berdasarkan laporan, jumlah kontingen mencapai 755 orang," kata Sekretaris Kemenpora (Seskemenpora) Gatot S. Dewa Broto seperti dilansir dari Antara.

Sebanyak 755 orang terbagi dalam tiga kelompok. Dengan rincian, 534 atlet, 166 ofisial, dan 55 perangkat pendukung dari KOI maupun komandan kontingen Indonesia (CDM) untuk SEA Games 2017.

Sementara itu, kontingen Indonesia masih kekurangan dana Rp6 miliar dari Rp30,5 miliar yang diajukan. Jumlah itu tidak termasuk kontribusi dari Satlak Prima sebesar Rp5 miliar.

"Namun demikian, sebelum rapat berlangsung, telah diperoleh informasi bahwa Satlak Prima akan menutupi kekurangan anggaran sebesar Rp6 miliar yang dibutuhan, sehingga total kebutuhan untuk keberangkatan kontingen sudah dipenuhi semuanya dan itu sudah disampaikan dalam rapat tersebut. Semula dalam RAPBNP 2017 kebutuhan tambahan sebesar Rp6 miliar sudah diusulkan, tetapi kemudian tidak dapat terpenuhi (dan sejumlah rencana anggaran lain) kecuali untuk INASGOC sebesar Rp1,5 triliun," terang Gatot.

© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
CDM Sea Games, Aziz Syamsudin mengunjungi pelatnas Timnas Futsal Putri di Lapangan My Futsal, Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu, (12/07/17). Copyright: Muhammad Adi Yaksa/Indosport.comCDM Sea Games, Aziz Syamsudin mengunjungi pelatnas Timnas Futsal Putri di Lapangan My Futsal, Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu, (12/07/17).

Selain itu, Indonesia juga mengirimkan 20 wasit dan juri untuk serta berperan pada SEA Games 2017. Untuk itu, Kemenpora diminta untuk memfasilitasi keberangkatan mereka.