SEA GAmes 2017

Jonru Duga Ada Upaya Adu Domba di Kasus Bendera Indonesia Terbalik

Minggu, 20 Agustus 2017 13:17 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport.com
Jonru Ginting, Penggiat media sosial Copyright: © Indosport.com
Jonru Ginting, Penggiat media sosial

Kemarahan publik Indonesia terkait pemasangan bendera merah-putih yang terbalik pada SEA Games 2017 Malaysia dituangkan di media sosial. 

© Twitter.
Screenshot Imam Nahrawi perihal bendera terbalik. Copyright: Twitter.Screenshot Imam Nahrawi perihal bendera terbalik.

Tanda tagar #ShameonYouMalaysia terus menggema di Twitter, berisi umpatan dan kekecewaan publik Indonesia atas insiden itu.

Penggiat media sosial Jonru Ginting ikut mengomentari terkait adanya insiden terkait kesalahan pencantuman bendera Merah Putih dalam booklet yang dibagikan pada pembukaan SEA Games Malaysia. 

Dia meyakini bahwa pemuatan foto bendera Indonesia terbalik tersebut dilakukan oleh oknum Malaysia yang merupakan bagian dari konspirasi adu domba.

© Facebook/Jonru Ginting
Jonru Ginting, Penggiat media sosial Copyright: Facebook/Jonru GintingPernyataan Jonru Ginting soal insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2017.

"Saya sangat yakin, pemuatan foto bendera terbalik tersebut dilakukan oleh oknum di kerajaan Malaysia yang merupakan bagian dari konspirasi adu domba tersebut," tulis Jonru melalui akun Facebook-nya, Minggu (20/08/17)

Jonru juga mengajak masyarakat Tanah Air untuk tidak bereaksi berlebihan atas kesalahan yang dilakukan oleh Panitia Pelaksana (Panpel) SEA Games 2017. 

"Mari menjaga kerukunan dengan negara-negara tetangga, terutama negara-negara serumpun seperti Malaysia dan Brunei. Terlebih karena mereka adalah negara-negara yang menerapkan syariat Islam. Mereka adalah saudara kita. Jangan mau diadu domba," tandas pria lulusan Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro itu.

1