SEA Games 2017

Kacau! Koran Malaysia Ikut 'Lecehkan' Bendera Indonesia

Minggu, 20 Agustus 2017 10:25 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport.com
Ilustrasi Bendera Indonesia dan Logo SEA Games 2017. Copyright: © Indosport.com
Ilustrasi Bendera Indonesia dan Logo SEA Games 2017.

Upacara pembukaan SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil pada Sabtu (19/08/17) kemarin menjadi salah satu pembicaraan yang hangat bagi masyarakat Indonesia beberapa jam terakhir.

Bukan karena aksi-aksi sorotan lampu dan tata panggung yang gegap gempita, melainkan karena ada kejadian yang dianggap menyinggung harkat dan martabat Indonesia sebagai sebuah bangsa.

Kejadian itu adalah penggambaran bendera Indonesia yang dibuat terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 yang dibagikan kepada para tamu undangan yang datang ke upacara pembukaan.

Sayangnya, kejadian bendera Indonesia yang dibuat terbalik hingga menyerupai bendera negera Polandia itu kembali terulang.

Salah satu harian cetak asal Malaysia bernama Metro dalam salah satu kolom infografis pemberitaannya, memuat gambar bendera Indonesia yang dibuat menjadi putih merah bukannya merah putih.

© twitter@affai
Koran Mencari Jagoan Copyright: twitter@affaiKolom infograris Harian Metro yang salah memasang gambar bendera Indonesia.

Parahnya, dari tiga lambang bendera Indonesia yang ada dalam kolom tersebut, semuanya tidak ada yang benar, alias terbalik. Sesuatu yang harusnya tidak terjadi dan dapat disadari dengan cepat mengingat, bendera Indonesia tidaklah sulit dibuat.

Tidak butuh waktu lama, pemberitaan koran Malaysia tersebut langsung menuai tanggapan negatif dari para warganet di sosial media. Tidak lupa mereka menyertakan #ShameOnYouMalaysia sebagai bentuk kekecewaan.

Sebelumnya, Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin telah mengirimkan surat permohonan maaf resmi yang ia tujukan kepada Menpora Imam Nahrawi. Ia pun berencana menemui Imam hari ini, Minggu (20/08/17).

28