SEA Games 2017

Thailand Akui Ketangguhan Timnas Futsal Indonesia Pasca Rekor 9 Tahun Putus

Minggu, 20 Agustus 2017 22:16 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra Indonesia berhasil mengakhiri rekor buruk pada sembilan tahun terakhir kala berhadapan dengan Thailand. Armada Yori van der Torren sukses melumat lawannya itu dengan skor 4-2.

Ardiansyah Runtuboy dan kolega bermain tanpa celah pada pertandingan pertama dari empat pertandingan yang akan dilakoni di SEA Games 2017 Malaysia. Bermain di Panasonic Stadium, Shah Alam, Minggu (20/08/17) keempat gol Timnas Futsal Putra dilesakkan oleh Subhan Faidasa, Sauqy Saud Lubis (2), dan gol Alexander Bernhard Larawo.

© Instagram@timnasfutsal
Timnas Futsal Indonesia Copyright: Instagram@timnasfutsalTimnas Futsal Indonesia.

Kemenangan ini merupakan yang pertama untuk Timnas Futsal Putra atas Thailand setelah paceklik tripoin pada hampir satu dasawarsa terakhir. Pada sembilan pertemuan teraktual, Timnas Futsal Putra kalah delapan kali dan hanya sekali meraih kemenangan.

Pasca pertandingan, pelatih Thailand, Jose Maria Pazos Mendez mengakui ketangguhan Timnas Futsal Putra. Menurutnya, Timnas Futsal Putra lebih gigih dalam memenangkan pertandingan dibanding skuat asuhannya.

"Indonesia mainnya lebih bagus dari Thailand. Walaupun kami dapat beberapa peluang, tapi kami gagal memaksimalkannya," ucap Mendez disadur dari Bolalob.

© instagram@timnas futsal indonesia
Timnas Futsal Indonesia Copyright: instagram@timnas futsal indonesiaTimnas Futsal Indonesia.

Hampir sepuluh tahun yang lalu, Timnas Futsal Putra terakhir kali mengungguli Thailand. Kala itu, Skuat Garuda sukses melumat Thailand 3-1 pada babak penyisihan Piala AFF Futsal 2008.

Setelah ini, Timnas Futsal akan memainkan tiga pertandingan tersisa dari lima negara yang ikut serta. Paling dekat, Skuat Garuda bakal beradu kekuatan dengan Malaysia pada Selasa (22/08/17) mendatang.