5 Pertarungan Besar Mayweather Sebelum Kalahkan McGregor

Minggu, 27 Agustus 2017 23:18 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Ramadhan
© Getty Images
Floyd Mayweather Jr vs Conor McGregor. Copyright: © Getty Images
Floyd Mayweather Jr vs Conor McGregor.

Floyd Mayweather Jr, sang juara tinju dunia asal Amerika Serikat baru saja melakoni laga besar melawan Conor McGregor, yang merupakan altet UFC. Dari dua belas ronde yang direncanakan, Mayweather akhirnya berhasil menumbangkan McGregor pada ronde ke-10.

Pria kelahiran 24 Februari 1977 tersebut menjadi petinju yang tidak pernah kalah dalam bertanding sejak debutnya 11 Oktober 1996. Selama karier bertinjunya, ia telah mencatat 50 kali kemenangan dan 26 di antaranya adalah menang KO.

Petinju berusia 40 tahun tersebut, tercatat telah mengalahkan banyak petinju yang juga dikenal sangat tangguh. Siapakah sajakah para petinju tersebut. INDOSPORT merangkum 5 petinju tangguh yang pernah dikalahkah oleh Mayweather.

1. Arturo Gatti

Arturo Gatti merupakan petinju asal Kanada, kelahiran Cassino, Lazio, Italia, 15 April 1972.  Ia merupakan petinju yang bermain dengan rekor 40 kali bertanding, 31 menang dan 9 kali kalah. Ia memulai debut tinju pertamanya pada 10 Juni 1991. Sebelum bertemu Mayweather, Arthuro Gatti hanya mengalami 6 kali kekalahan saja.

Ia akhirnya bertanding melawan Mayweather pada 25 Juni 2005 di kelas super lightweight. Mereka bertarung dalam perebutan gelar juara WBC World Super Lightweight. Mayweather akhirnya menyudahi perlawanan Arturo Gatti di ronde ke-6.

2. Sharmba David Mitchell

Setelah mengalahkan Arturo Gatti, Mayweather bertemu  Sharmba David Mitchell pada 19 November 2006. Sharmba David Mitchell merupakan petinju Amerika yang dikenal dengan julukan Little Big Man. Ia merupakan petinju kelahiran 27 Agustus 1970 yang memiliki rekor 57 kali menang, 30 kali menang KO, dan hanya 6 kali menderita kekalahan.

Sebelum menghadapi Mayweather, ia hanya mengalami empat kali kekalahan. Maywather berhasil mengakhiri perlawanan Sharmba David Mitchell di ronde ke-6 dengan kemenangan KO.

3. Oscar De La Hoya

Oscar De La Hoya merupakan salah satu bintang tinju dunia. Petinju berjuluk Golden Boy ini merupakan petinju Amerika Serikat yang lahir pada 4 Februari 1973. Ia merupakan petinju yang bertarung di kelas Super Welterweight. Ia melawan Mayweather dalam perebutan gelar WBC World Super Welterweight.

Pertarungan dilaksanakan pada 5 Mei 2007 di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, USA. Saat bertanding lawan  Oscar De La Hoya, Golden Boy memiliki rekor 38 kali menang dan 4 kali kalah. Setelah mengalami pertarungan selama dua belas ronde, akhirnya Mayweather menang angka. Mayweather pun merebut gelar juara dari tangan Oscar De La Hoya.

4. Marcos Maidana

Marcos Rene Maidana merupakan petinju Argentina, kelahiran 17 Juli 1983. Ia merupakan petinju berjuluk El Chino. Melawan Mayweather, ia bertanding sebanyak dua kali di MGM Grand, Grand Garden Arena, Las Vegas. Pada pertandingan pertama yang digelar 3 Mei 2014 diperebutkan dua gelar juara sekaligus yakni WBA Super World Welterweight  dan WBC World Welterweight Title. 

Dalam pertandingan itu, Maidiana kalah angka pada ronde ke duabelas. Empat bulan sesudahnya yakni pada 13 September 2014, Maidana kembali menantang Mayweather, kali ini untuk perebutan tiga gelar juara yakni  WBA Super World Welterweight, WBC World Welterweight, WBC World Super Welterweight. Dalam pertarungan dua belas ronde tersebut, Meidiana kembali kalah angka dari Mayweather.

5. Manny Pacquiao

Manny Pacquiao adalah petinju asal Filipina. Petinju yang memiliki panggilan Pac Man tersebut lahir 17 Desember 1978. Ia memiliki rekor bertanding 59 kali menang, 38 di antaranya menang KO, 7 kali kalah dan 2 kali seri. 

Pada 2 Mei 2015, Mayweather bertarung melawan  Manny Pacquiao. Pertarungan keduanya memperebutkan tiga gelar bergensi yakni WBA Super World Welterweight, WBC World Welterweight  dan WBO World Welterweight. Pertarungan pun digelar di MGM Grand, Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada. Dalam laga sengit dua belas ronde tersebut, Mayweather diputuskan menang angka.