SEA Games 2017

Emas Thailand dan Tangis Haru Si Manajer Cantik

Rabu, 30 Agustus 2017 02:38 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© danviet
Watanya Wongopasi, manajer Timnas U-22 Thailand. Copyright: © danviet
Watanya Wongopasi, manajer Timnas U-22 Thailand.

Air mata Watanya Wongopasi langsung tak terbendung saat wasit yang memimpin laga Thailand melawan Malaysia membunyikan peluit akhir. Laga yang akhirnya dimenangkan Thailand dengan skor 1-0 ini membuat suasana Stadion Shah Alam Malaysia, langsung menjadi haru.

Para pemain langsung merayakan keberhasilan mereka mempertahankan emas di turnamen ini. Emas di Malaysia ini merupakan yang ke-16 kali diraih oleh skuat berjuluk Gajah Perang tersebut sepanjang penyelenggaraan SEA Games.

© FA Thailand
Selebrasi Timnas U-22 Thailand usai kalahkan Malaysia. Copyright: FA ThailandSelebrasi Timnas U-22 Thailand usai kalahkan Malaysia.

Tentu saja hal ini juga membuat Watanya Wongopasi ikut menangis haru. Wajah cantiknya kemudian dibanjiri air mata yang tak kuasa lagi ditahannya.

Manajer Timnas U-22 Thailand ini langsung masuk ke lapangan dan merayakan kemenangan bersama para pemain. Watanya nampak memeluk satu per satu pemain yang telah berjuang di turnamen ini.

© Siam Sports
Watanya Wongopasi tak bisa menahan air mata usai skuat Thailand mengalahkan Malaysia di final SEA Games 2017. Copyright: Siam SportsWatanya Wongopasi tak bisa menahan air mata usai skuat Thailand mengalahkan Malaysia di final SEA Games 2017.

Mata perempuan berusia 32 tahun ini pun melangkah dengan mata berbinar. Pencapaian Thailand merebut emas memang hampir saja punah di babak penyisihan.

Tim asuhan Worrawoot Srimaka ini nyaris saja gagal lolos dari babak penyisihan grup. Beruntung pada laga terakhir, Chenrop Samphaodi dan kawan-kawan sukses mengalahkan Vietnam.

© Siam Sports
Para pemain Thailand dan Watanya Wongopasi saat merayakan kemenangan di SEA Games 2017. Copyright: Siam SportsPara pemain Thailand dan Watanya Wongopasi saat merayakan kemenangan di SEA Games 2017.

Padahal, jika saja Vietnam mampu menahan imbang, maka dipastikan merekalah yang akan menemani Indonesia ke babak semifinal. Namun, dengan penuh perjuangan, akhirnya Thailand mampu menggasak Vietnam dalam drama 3 gol tanpa balas.

Pada babak semifinal, skuat Thailand kembali tampil luar biasa saat mengalahkan Myanmar. Lewat sebuah gol di menit-menit akhir, Thailand memastikan diri lolos ke final.

© Siam Sports
Tangisan Watanya Wongopasi usai Thailand merebut emas SEA Games 2017. Copyright: Siam SportsTangisan Watanya Wongopasi usai Thailand merebut emas SEA Games 2017.

Akhirnya, Thailand kembali dinaungi keberuntungan saat berlaga di babak pamungkas. Sebuah gol bunuh diri kiper Malaysia memastikan emas ke-16 bagi Thailand di Malaysia.

Pencapaian ini tentu saja semakin menegaskan dominasi Thailand di sepakbola ASEAN. Skuat Thailand dinilai memiliki kematangan mental di luar kemampuan individu yang juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Selamat, Thailand!