Gala Desa Jambi Berharap Lahirkan Penerus Egy Maulana Vikri dan Evan Dimas

Sabtu, 23 September 2017 21:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pembukaan Gala Desa Jambi diikuti dengan olahraga senam. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pembukaan Gala Desa Jambi diikuti dengan olahraga senam.

Kemenpora terus melebarkan sayapnya dalam menggelar Gala Desa 2017. Kali ini giliran Kabupaten Bungo, Muara Bungo, Jambi mendapat kesempatan menggelar kegiatan tersebut.

Berpusat di lapangan Dusun Lembah Kuamang, Kecamatan Pelapat Ilir, Jambi ini disambut tinggi oleh masyarakat setempat.

Tarian daerah setempat membuka rangkaian pembukaan Gala Desa 2017 di Kabupaten Bungo, Jambi. Tampak dalam pembukaan tersebut Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasaan Olahraga Kemenpora, Drs. Sanusi serta Wakil Bupati Bungo, Safrudin Dwi Apriyanto serta pejabat daerah setempat.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Potongan kue di Kabupaten Bungo Desa Jambi. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPotongan kue di Kabupaten Bungo Desa Jambi.

Dalam Gala Desa di Kabupaten Bungo sendiri sama seperti di daerah lainnya, di mana akan dipertandingkan enam cabang olahraga yakni sepakbola, voli, sepak takraw, tenis meja, bulutangkis, dan atletik.

Kegiatan Gala Desa ini sendiri sangat disambut baik oleh Wakil Bupati Bungo, Safrudin Dwi Apriyanto. Baginya dengan kegiatan ini diharapkan muncul bibit-bibit baru seperti Egy Maulana Vikri serta Evan Dimas dari Kabupaten Bungo.

"Ini saya rasa mampu menjadi wadah untuk menjari bibit olahragawan yang kesulitan mencari wadah untuk tampil. Mudah-mudahan saja lewat kegiatan ini bisa bangkit kembali olahraga di Bungo, khususnya sepakbola yang saat ini menjadi olahraga populer," ucap Safrudin kepada INDOSPORT, Sabtu (23/09/17).

"Kemarin kita melihat Timnas Indonesia kita U-16 dan U-19 yang meraih sukses dan menelurkan bintang seperti Egy Maulana dan dulu ada Evan Dimas. Tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan menghasilkan bibit seperti mereka. Karena Egy serta Evan Dimas juga dulunya bermain di level desa," beber Safrudin.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pembukaan Gala Desa Jambi diikuti dengan olahraga senam. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPembukaan Gala Desa Jambi diikuti dengan olahraga senam.

Pernyataan Safrudin pun disambut baik oleh Sanusi selaku perwakilan Kemenpora. Baginya pondasi dasar Gala Desa merupakan menjadi wadah untuk masyarakat di perdesaan untuk menunjukkan bakat olahraganya.

"Dengan Gala Desa memang kita ingin sekaligus mencari bibit untuk membawa harum nama bangsa Indonesia, baik di level nasional maupun internasional," tambah Sanusi.

Kini dengan menyentuh hampir 136 titik desa di seluruh Indonesia, perhelatan Gala Desa diharapkan dapat menjadi ajang penyaringan bibit potensi atlet Indonesia dari pelosok negeri.