Piala AFF Futsal 2017

Ini Cara Vic Hermans Bangun Mental Pemenang di Timnas Futsal

Selasa, 3 Oktober 2017 14:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© @AFFPresse
Vic Hermans resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Futsal Indonesia. Copyright: © @AFFPresse
Vic Hermans resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Futsal Indonesia.

Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Vic Hermans tahu betul bagaimana caranya untuk membangun mental pemenang bagi para pemain yang saat ini menjalani pemusatan latihan. Seiring tidak jelasnya laga uji coba untuk tim Merah Putih, Vic Hermans memilih untuk sejenak melakukan refreshing dengan anak asuhnya.

Pelatih asal Belanda itu mengajak para pemain untuk bersenang-senang dengan bermain paintball war di Mataram, Lombok, NTB. Tidak hanya melakukan refreshing, Vic Hermans ternyata juga menekankan satu pelanjaran penting yakni bagaimana membangun mental sebagai seorang pemenang.
 
"Beberapa orang mengatakan itu sudah usang tapi pengalaman saya adalah masih bekerja. Anda melihat para pemain dalam setting yang berbeda dan, tanpa disadari, mereka menunjukkan lebih banyak dari diri mereka sendiri. Selama sesi ini, isu utamanya adalah WINNING, dan berkat organisasi sempurna yang dimainkan," jelas Vic Hermans melalui blig pribadinya.

© Instagram@timnasfutsal
Timnas Futsal Indonesia Copyright: Instagram@timnasfutsalTimnas Futsal Indonesia.

Di sisi lain, Vic Hermnas juga akhirnya angkat bicara mengenai semua 'kegalauannya' bersama Timnas Futsal. Mantan pelatih Timnas Futsal Thailand itu mengomentari mengenai aspek non teknis yang kerap menghampiri tim Merah Putih baik mengenai kepindahan lokasi pemusatan latihan hingga uji coba internasional yang tak kunjung terlaksana.

"Minggu lalu kami mendengar bahwa gedung pelatihan kami (di Lombok) akan ditempati sampai kami berangkat ke turnamen di Vietnam sehingga kami memutuskan untuk pergi ke Yogyakarta untuk sisa waktu," buka Vic Hermans.

"Tapi kemarin saya mendengar bahwa aula masih belum tersedia sehingga kita akan tinggal di Lombok. Setelah berbulan-bulan perubahan dan keputusan menit terakhir tidak mengherankan lagi, namun saya tetap berharap akhirnya kita bisa bekerja normal," harap pelatih 64 tahun itu.

Timnas Futsal Indonesia memang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang Piala AFF Futsal 2017 pada 26 Oktober hingga 3 November mendatang di Vietnam. Indonesia berada di Grup A dengan tuan rumah Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Saat ini ada 19 pemain yang tergabung dalam pemusatan latihan  di Lombok, NTB. Akan tetapi, pelatih Vic Hermans telah mengisyaratkan akan mencoret tiga pemain sebelum berangkat ke Piala AFF. Pengumuman nama pemain tersebut baru akan dirilis saat tim pindah pelatnas ke Yogyakarta minggu ini.