Menguasai Bola, Indonesia Justru Dipaksa Takluk oleh Myanmar

Minggu, 29 Oktober 2017 17:31 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Indonesia menjalani laga pamungkas di Grup A Piala AFF Futsal 2017 melawan tim berat, Myanmar. Laga yang berlangsung pada Minggu (29/10/17) ini akan menentukan nasib Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF Futsal 2017.

Myanmar sendiri saat ini berada di puncak klasemen Grup A dengan torehan 6 poin. Sama persis dengan koleksi poin Indonesia, tapi unggul dalam selisih gol. Gawang Myanmar belum tersentuh gol dalam dua pertandingan sebelumnya.

Bertanding di Phu Tho Stadium, Ho Chi Min City, Vietnam, Timnas Futsal Indonesia langsung menghadapi gempuran Myanmar. Permainan cepat yang diperagakan Myanmar membuat Ardiansyah Runtuboy dkk sedikit kaget.

Myamar pun unggul lebih dulu.  Bola tendangan pemain Myanmar sebenarnya hanya mengenai tiang. Tapi bola memantul ke punggung Sunny Rizky dan masuk ke dalam gawang Indonesia.

Setelah gol Myanmar, permainan Indonesia justru menjadi lebih baik. Penguasaan bola pun menjadi lebih kuat dan lebih banyak dilakukan.

Berawal dari sebuah set-pieces, Syauqi Saud melepaskan tembakan keras yang tak mampu ditepis kiper Myanmar. Hasil sementara berubah menjadi 1-1.

Situasi yang mirip babak pertama kembali terjadi di babak kedua. Indonesia kembali tertinggal dari Myanmar. Pyae Phyo membawa Mynmar unggul 2-1 atas Indonesia pada menit ke-24.

Kembali, Indonesia menjadi lebih menguasai bola setelah tertinggal. Beberapa serangan mampu dibangun, tapi tak mampu berujung dengan gol. Sejumlah tendangan yang dilakukan pengawa Timnas Indonesia berhasil dimentahkan kiper Myanmar.

Di sisa 7 menit terakhir, Indonesia memainkan M Subhan sebagai kiper terbang dalam strategi powerplay. Kondisi ini memang membuat Myanmar menjadi lebih tertekan. Tapi sekaligus menjadi ancaman bagi gawang Indonesia.

© istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20. Copyright: istimewaTimnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

Terbukti, saat bola lepas dari pemain Indonesia, Myanmar pun bisa memperbesar keunggulan. Sebuah tendangan dari tengah lapangan tepat mengarah ke gawang yang memang kosong. Indonesia makin tertinggal dari Myanmar.

Strategi powerplay dimainkan secara on-off oleh pelatih Vic Hermans. Sempat mencetak gol lewat Bayu Saptaji, tapi tak mampu menyamakan kedudukan. Indonesia pun dipaksa takluk 2-3 oleh Myanmar.

Hasil ini pun menutup peluang Indonesia untuk maju ke semifinal Piala AFF Futsal 2017. Pasalnya, Indonesia hanya bisa meraih total 6 poin dalam 4 pertandingan dan tidak bisa bertambah lagi.

Sementara Myanmar pun masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Vietnam pada 30 Oktober nanti. Vietnam sendiri akan menghadapi Brunei Darussalam pada pukul 19:00 WIB nanti malam.

Dengan demikian, target Vic Hermans yang ingin membawa Indonesia ke semifinal pun dipastikan gagal.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Myanmar

Starting line-up: [2] Kyaw Htet Aung (GK), [6] Naing Ye Kyaw, [10] Aung Aung, [11] Nyein Min Soe, [14] Phyae Phyo Maung 3

Cadangan: [1] Yan Paing Hein (GK), [2] Ko Ko Lwin, [4] Kyaw Soe Moe, [7] Myo Myint Soe, [8] Sai Pyone Aung, [9] Phyae Phyo Maung, [13] Khin Zaw Lin, [15] Hlaing Min Tun, [16] Kyaw Kyaw Tun

Indonesia

Starting line-up: [2] Muhammad Albagir (GK), [16] Sunny Rizky Suhendra, [10] Ardiansyah Runtuboy, [7] Sauqy Saud, [6] Johanis Dominggus Mustamu

Cadangan: [11] Abdul Rohman Nawawi, [14] Randy Satria Mushar, [5] Tricahyo Ramadhan, [9] Alexander Benhard Larawo, [1] Yusuf Kurniawan, [3] Aditya Muhammad Rasyid, [12] Bambang Bayu Saptaji, [4] Mochammad Iqbal Rahmatullah, [8] Muhammad Subhan Faidasa