Asian Games 2018

Asian Games 2018 Akan Didukung Penuh oleh Jaringan Bakohumas

Kamis, 23 November 2017 13:11 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT/Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018.

Segala bentuk persiapan terus digencarkan oleh Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Ada pun bentuk dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak dalam menyukseskan pelaksanaan Asian Games tahun depan, seperti yang dilakukan oleh pihak Humas.

Menurut laporan dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, jaringan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) bersama Kominfo diberitakan siap membantu dalam kesuksesan acara yang akan dilaksanakan di Jakarta dan juga Palembang.

Hal itu diungkapkan langsung saat pembukaan Humas dan Layanan Publik Expo 2017 di Novotel Palembang, Rabu (22/11/17). Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kemensetneg, Masrokhan, menjadi salah satu pembaca janji yang dikumandangkan dalam hal menyukseskan Asian Games 2018.

© setneg.go.id
Persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. Copyright: setneg.go.idPersiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dalam janji tersebut, terdapat empat poin yang menjadi fokus utama. Pertama, bagaimana insan Dinas Kominfo, Bakohumas, Iprahumas, Kelompok Informasi Masyarakat, dan FK-Metra se-Indonesia dalam memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan Asian Games ke-18.

Selain itu, ada pun jaringan layanan publik ini turut berjanji dalam mempromosikan konten informasi dukungan Asian Games 2018 melalui media yang dimiliki. Lebih lanjutan, jaringan ini juga dikatakan bersedia memberdayakan kelembagaan Humas dan Kelompok Informasi Masyarakat dalam menyebarkan informasi itu.

Tidak hanya sekadar mempromosikan dan menyebarkan informasi saja, jaringan ini juga akan berusaha mengeliminasi berita hoax atau palsu yang bisa merusak citra pelaksanaan Asian Games ke-18 tersebut.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Menteri keuangan, Sri Mulyani mengunjungi komplek Stadion Utama Gelora Bungkarno. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTMenteri keuangan, Sri Mulyani mengunjungi kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sedikit informasi, progres pembangunan terkait persiapan Asian Games 2018 ini terus dilakukan dengan gencar-gencarnya. Terbaru, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan rapat terbatas (ratas) untuk membahas persiapan Asian Games 2018 di Istana Bogor, dikutip dari Detik (21/11/17).

Ratas yang juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Basdewan pun turut menjelaskan mengenai perkembangan persiapan Asian Games 2018 mendatang.

"Dilaporkan bahwa pengerjaan velodrom sejauh ini sudah 69 persen. Ditargetkan bulan Juni 100 rampung persen. Lalu equestrian pengerjaan konstruksi sampai hari ini 88 persen. Desember tuntas. LRT sudah 42 persen pengerjaannya, ditargetkan selesai Agustus 2018," kata Anies.

© Twitter/@jokowi
Rapat terbatas yang dilakukan Presiden RI, Joko Widodo untuk membahas progres persiapan Asian Games 2018. Copyright: Twitter/@jokowiRapat terbatas yang dilakukan Presiden RI, Joko Widodo untuk membahas progres persiapan Asian Games 2018.

Selain itu, Anies juga mengumbar akan ada penambahan tugas baru untuk Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta untuk mempersiapkan venue latihan basket dan voli. Dikatakan bahwa ada 10 GOR di Jakarta yang akan direnovasi untuk digunakan sebagai tempat berlatih para atlet.

Ada pun tugas lain dalam penyiapan venue pertandingan untuk BMX. Namun, Anies mengaku pihaknya masih mencari lokasi yang cocok untuk venue tersebut.

"Ditetapkan di Jakarta dan lokasinya masih dicari yang pas. Kemungkinan besar nanti di Koja. Nanti kami cek lagi," kata Anies.

© nasional.kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. Copyright: nasional.kompas.comGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.