Resmi! Wakapolri Jadi Ketua Kontingen Asian Games 2018

Senin, 18 Desember 2017 17:52 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Maskot Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Maskot Asian Games 2018.

Wakil Kepala Polri Komisaris Jendera (Pol) Syafruddin telah ditunjuk sebagai ketua kontingen atau Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk memastikan prestasi atlet nasional pada Asian Games di Jakarta dan Palembang, 8 Agustus-2 September 2018.

Kabar soal penunjukkan tersebut sendiri disampaikan langsung oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto usai rapat yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden. Rapat itu sendiri juga membahas pengadaan dan anggaran Asian Games 2018. 

© Panturapos.com
Wakil Kepala Polri Komisaris Jendera (Pol) Syafruddin Copyright: Panturapos.comWakil Kepala Polri Komisaris Jendera (Pol) Syafruddin

"Chef de Mission (CdM) Asian Games itu Pak Wakapolri. Baru saja diputuskan. Kami baru saja rapat di kantor Pak Wapres," ungkap Gatot setelah rapat yang dihadiri oleh sejumlah pejabat penting negara, salah satunya Menpora sendiri, Imam Nahrawi. 

Penunjukkan posisi tersebut rupanya juga tak ditampik oleh Syafruddin sendiri. Seperti dilansir Antara, Syafruddin mengungkapkan kebenaran soal penunjukkan dirinya tersebut sebagai ketua kontingen Asian Games 2018, yang akan memimpin 40 cabang olahraga. 

© Lanjar Wiratri/INDOSPORT
Caption Copyright: Lanjar Wiratri/INDOSPORTSesmenporan Gatot S. Dewa Broto

Tugas CdM sendiri nantinya akan memastikan upaya perolehan prestasi kontingan Indonesia pada Asian Games melalui pelatihan. Selain itu, juga akan dilakukan uji tanding hingga masuk ke gelanggang 40 cabang olahraga yang nantinya akan dilagakan. 

"Orientasinya prestasi, tentu medai emas, 20 medali emas," kata Syafruddin ketika dimintai konfirmasi soal target pencapaian yang akan ia raih dengan posisinya sebagai CDM dari ajang olahraga internasional tingkat Asia yang akan dihelat di Palembang dan Jakarta tahun depan itu. 

Rupanya, untuk penunjukkan CdM sendiri, Wapres Jusuf Kalla selaku ketua Dewan Pengarah Panitia Asian Games 2018 telah secara resmi menunjuk Wakapolri sebagai CDM Indonesia pada Jumat (15/12) lalu, berdasarkan informasi yang diberikan oleh Gatot.