GBK Milki Pencahayaan Terbaik di Dunia, 3 Stadion Megah di Asia Ini Jadi Jadi Pesaingnya

  • Kemegahan Stadion Utama Gelora bung Karno (GBK) usai renovasi dapat disaksikan saat diresmikan ketika menjadi venue pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia, Kamis (14/01/18).
  • Disebut-sebut memiliki salah satu fasilitas pendukung terbaik di dunia, nyatanya GBK memilkiki pesaing lainnya di Asia.
  • Berikut stadion-stadion megah di Asia yang menjadi pesaing GBK.
Kamis, 11 Januari 2018 16:22 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Seoul World Stadium Copyright: © INDOSPORT
Seoul World Stadium

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) akan tampil lebih mewah usai selesai direnovasi untuk venue gelaran Asian Games 2018. Bahkan, stadion yang dibangun pada 1962 silam itu diklaim memiliki sistem pencahayaan terbaik di dunia.

GBK kini menggunakan lampu berkekuatan 3.500 lux atau dua kali lebih besar dari sebelumnya 1.200 lux dan dilengkapi dengan penggunaan LED lighting system sehingga konsumsi listriknya lebih hemat.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mengungkapkan jika saat ini Stadion GBK merupakan stadion dengan pencahayaan terbaik di dunia.

"Iya, the best one in the world. Kecuali ketika nanti Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 baru kami kalah. Besaran lampunya lebih dari 3.000 lux," tutur Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Kondisi Terkini Stadion GBK. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comKondisi Terkini Stadion GBK.

Selain menggunakan sistem pencahayaan yang muktahir, Stadion GBK juga dirancang hemat listrik dan ramah lingkungan. GBK telah menggunakan solar panel untuk menyuplai kebutuhan listrik, serta memiliki sistem drainase yang dapat menampung air untuk kemudian kembali digunakan untuk perawatan.

Meski kini tampil mewah, nyatanya GBK memiliki stadion pesaing yang juga tak kalah tampil ‘glamor’ di kawasan Asia. Meski begitu, GBK boleh berbangga karena masuk menjadi salah satu stadion terbaik di kawasan Asia menurut Asosiasi Sepakbola Asia (AFC).

Berikut INDOSPORT merangkum  tiga stadion mewah yang menjadi pesaing GBK.