Sebanyak 19 Nomor Pertandingan Berpotensi Raih Emas di Asian Games 2018

Sabtu, 20 Januari 2018 12:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Bhin Bhin maskot Bulutangkis Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Bhin Bhin maskot Bulutangkis Asian Games 2018.

Kementerian Pemuda dan Olahraga menyebut peluang medali emas bagi kontingen Indonesia dalam Asian Games berada pada 19 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga yang akan digelar, Agustus 2018. Hal ini disampaikan kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana di sela-sela Rapat Koordinasi Kemenpora. 

"Peluang medali emas menurut versi kami hingga Januari ini ada pada 18-19 nomor pertandingan. Tapi, kami akan terus memantau perkembangan setiap tiga bulan sekali hingga Juli mendatang," kata Mulyana. 

Ia mengatakan hitungan peluang medali emas kontingen Indonesia menurut Kemenpora itu berbeda dengan hitungan menurut cabang-cabang olahraga maupun penghitungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Peluang medali emas Indonesia versi cabang-cabang olahraga itu ada 50 nomor pertandingan, sedangkan KONI menghitung berdasarkan cabang olahraga, yaitu 16 cabang.

Kemenpora mencatat daftar atlet yang masuk program pemusatan pelatihan nasional 2018 mencapai 760 atlet.

© Istimewa
Kaka maskot Basket Asian Games 2018. Copyright: IstimewaKaka maskot Basket Asian Games 2018.

"Jika dihitung total bersama pelatih dan pendukung, kontingen Indonesia mencapai lebih dari 1.250 orang," katanya.

Namun, Kemenpora akan bekerja bersama KONI untuk memverifikasi dan mengawasi program latihan cabang-cabang olahraga menyusul potensi pengurangan jumlah orang dalam kontingen "Merah-Putih".

"Kami sudah melaporkan kepada komandan kontingen terkait kemungkinan pengurangan atlet menyusul program promosi dan degradasi atlet. Tapi komandan kontingen tetap mengharapkan semua atlet masuk," kata Mulyana.