Komunitas Sehat

Mencengangkan, Ternyata Ini Alasan yang Bikin Orang Malas Berolahraga

Minggu, 11 Februari 2018 16:51 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
Workout Embassy komunitas olahraga tanpa alat. Copyright: © Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
Workout Embassy komunitas olahraga tanpa alat.

Olahraga adalah aktivitas yang wajib dilakukan karena banyak manfaat yang dirasakan oleh tubuh manusia. Seyogyanya, olahraga dilakukan tiap minggu sekali. Lebih bagus jika bisa meluangkan waktu satu jam per hari.

Tak harus pergi ke tempat olahraga jika seorang pekerja yang minim waktu luang mau merasakan sehat. Melakukan olahraga-olahraga ringan di rumah seperti sit up dan push up juga bisa dilakukan di waktu senggang.

Menurut Adit, ketua Workout Embassy, sebuah komunitas kalestenik di Jakarta, sebenarnya olahraga bisa dilakukan tiap hari tanpa menunggu waktu libur bekerja. Itu semua tergantung dari kemauan individu untuk berolahraga itu sendiri.

“Sebenarnya olahraga itu bisa dilakukan setiap hari. Sama kayak kita main Instagram aja per harinya, coba diitungin sehari buka Instagram berapa kali? Kalo misal dikumpulin pasti lebih dari sejam atau bahkan bisa dua jam, tiga jam, kalo misal lebih dari sejam ya kan harusnya kita bisa pake untuk berolahraga. Kalo misal ga sempet juga, berarti orangnya aja yang males,” kata Adit saat ditemui INDOSPORT di Jakarta Pusat. “Ya sepertinya itu tergantung mindset kita aja,” tambahnya.

© Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
Workout Embassy komunitas olahraga tanpa alat. Copyright: Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORTWorkout Embassy komunitas olahraga tanpa alat.

Jadi soal sulitnya waktu berolahraga menurutnya adalah dari kemauan orang itu sendiri. Tak bisa menyalahkan waktu. Komunitas Workout Embassy berdiri dengan tujuan mereka untuk mengolahragakan masyarakat.

“Jadi kita ada untuk membuat orang berolahraga, bukan bikin orang suka olahraga,” tambahnya.

Tak hanya sibuk di aktifitas olahraga komunitas sehat ini juga bergerak di bidang sosial. Jadi mereka mengusung tema berolahraga sambil melakukan aktifitas sosial. Seperti donasi ke beberapa sekolah tak mampu, panti asuhan, dan sebagainya.

© Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
Workout Embassy komunitas olahraga tanpa alat. Copyright: Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORTWorkout Embassy komunitas olahraga tanpa alat.

Seperti acara terakhir yang diadakan, di salah satu mall di Jakarta. WE mengusung tema Strenght 2 Serve, mengundang Sekolah Anak Jalanan (SAJA), Penjaringan, Jakarta Utara, yang sudah tujuh bulan terakhir menjadi sekolah yang komunitas ini bantu.

Anak-anak dari Sekolah Anak Jalanan ini diajak untuk berolahraga ringan di rooftop sebuah mall sambil menerapkan nilai pendidikan di games-games yang diselipkan di sela acara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%