Bantai Makau 9-0, Timnas Futsal Wanita Indonesia Lolos ke Perempatfinal Piala AFC

Minggu, 6 Mei 2018 22:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Babak Pertama.

Setelah penampilan yang mengesankan di laga sebelumnya dengan menahan  imbang Thailand (skor 1-1), Timnas futsal wanita Indonesia kemudian melanjutkan performa bagus di pertandingan terakhir melawan Macau di Grup A, Minggu (06/05/18) di Stadion Indoor Huamark, Bangkok.

Indonesia hanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit untuk membobol gawang Makau ketika tembakan Rani Mulyasari mengenai pemain lawan, Kuan Chi Kio dan masuk ke gawang. Setelahnya Indonesia menggandakan keunggulan lewat Fitri Rosdiana yang melepaskan tembakan dan tak mampu dihalau kiper Makau, Chao Tsz Wai.

Tertinggal dua gol, Makau mencoba bermain defensif. Tetapi Indonesia tetap agresif sehingga Rani kembali membobol gawang lawan, sebelum akhirnya Fitri juga mencetal gol keduanya guna menyudahi babak pertama dengan skor 4-0.

© Instagram@timnasfutsal
Selebrasi Timnas Futsal Putri Indonesia. Copyright: Instagram@timnasfutsalSelebrasi Timnas Futsal Putri Indonesia.

Babak Kedua.

Masuk babak kedua, Indonesia tetap bermain menekan. Hasilnya, pada menit ke-21, Indonesia kembali menambah keunggulannya lewat gol Rani. Unggul 5-0 tak membuat Indonesia puas. Pemain pengganti, Fitriya Hilda lantas membuat Makau kocar-kacir dengan dua golnya pada menit ke-25 dan 26. 

Fitri Rosdian akhirnya mencatatkan hattricknya di menit ke-28 setelah melepaskan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang Makau. Selang lima menit kemudian, Indonesia kembali membobol gawang Makau lewat aksi Anggi Puspita Sari. Skor 9-0 tersebut pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

© Istimewa/media FFI
Timnas futsal wanita vs Hongkong Copyright: Istimewa/media FFITimnas futsal wanita vs Hongkong

Lolos ke perempat final dan bertemu Vietnam.

Meski menang telak, namun jumlah perolehan gol Indonesia nyatanya masih belum cukup untuk mengudeta Thailand dari puncak klasemen Grup A. Hal itu dikarenakan, pada pertandingan lainnya, Thailand menang 8-0 atas Hong Kong sehingga selisih golnya menjadi +23, unggul dibanding Indonesia yang +11.

Dengan kemenangan telak 9-0 tersebut, Indonesia dipastikan lolos ke babak delapan besar dengan menempati posisi kedua Grup A dengan tujuh poin. Tim asuhan Kensuke Takahashi akan menantang pemuncak klasemen Grup B, Vietnam pada hari Rabu (09/05/18) mendatang.