Jadi Ikon Olahraga, Begini Perbandingan Transfer Ronaldo dan LeBron

Rabu, 18 Juli 2018 20:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.com – Meski beda olahraga, LeBron dan Ronaldo sama-sama membuat kejutan dengan memutuskan hengkang dari klub lamanya.

Dua ikon olahraga yakni bintang sepakbola Cristiano Ronaldo dan bintang NBA LeBron James , baru saja bergabung dengan klub baru. Namun ada perbandingan nilai cukup signifikan dari kesepakatan transfer tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan, Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan raksasa Italia, Juventus. Sementara LeBron bergabung dengan LA Lakers.

Keduanya sama-sama memiliki catatan karier yang hampir sama dengan selalu menjadi tumpuan kemenangan. Namun tampaknya nilai kontrak mereka sedikit memiliki perbedaan.

LeBron sendiri selama bertahun-tahun sering dikabarkan memiliki bayaran yang rendah, sehingga mengundang pertanyaan berapa banyak sebenarnya nilai LeBron di bursa transfer terbuka?

Perlu diketahui bahwa NBA yang memiliki aturan pasar yang lebih tertutup dan mengenal aturan gaji maksimum, berbeda dengan dunia sepakbola yang memiliki karakter pasar terbuka.

Hal ini tampaknya mengundang para ekonom dan jurnalis untuk mencoba mengukur nilai James yang sebenarnya, seperti yang di paparkan oleh ESPN.

Kini ada atlet yang sebanding untuk bisa menentukan nilai pasar bintang Lakers itu, dengan Ronaldo baru saja menyetujui kontrak dengan Juventus senilai Rp1,8 triliun selama empat tahun.

Total pendapatan Ronaldo bisa mencapai 258 juta dolar AS atau Rp3,7 triliun atau gaji rata-rata 64,5 juta dolar AS atau Rp929 miliar per musim.