Jelang Asian Games 2018: Bongkar JPO HI, Dishub Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Rabu, 1 Agustus 2018 15:32 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
LOGO ASIAN GAMES 2018. Copyright: © INDOSPORT
LOGO ASIAN GAMES 2018.

INDOSPORT.COM - Jembatan Penyeberangan orang (JPO) di sekitaran bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai dibongkar pada Senin (30/07/18) malam hingga Selasa (31/07/18) dinihari kemarin.

Seperti yang dikutip dari Antara, terkait dengan pembongkaran JPO tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut. Rekayasa lalu lintas tersebut akan berlangsung hingga Kamis (02/08/18) besok.

"Sehubungan dengan pembongkaran JPO HI 30 Juli hingga 2 Agustus 2018, kami akan melaksanakan rekayasa arus lalu lintas di kawasan tersebut dalam dua tahap," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah.

Dalam melakukan pembongkaran itu, Dishub DKI Jakarta telah melakukan penutupan jalan dalam dua tahap, tahap yang pertama adalah penutupan Jalan MH Thamrin sisi Barat (Bundaran Hotel Indonesia) ke arah Utara (Monas) pada Senin (30/07/18) mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan Selasa (31/07/18) pukul 05.00 WIB.

Sedangkan untuk tahap kedua adalah Penutupan Jalan MH Thamrin sisi Timur (Simpang Sarinah) ke arah Selatan (Sudirman) pada Selasa (31/07/18) mulai pukul 01.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB.

Berhubung dengan penutupan jalan itu, pengguna jalan akan diberikan jalan alternatif yang disediakan oleh Dishub.

© Liputan6.com/Arya Manggala
Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Bundaran HI. (foto: Arya Manggala/liputan6). Copyright: Liputan6.com/Arya ManggalaJembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Bundaran HI. (foto: Arya Manggala/liputan6).

1. Pengaturan lalu lintas tahap 1

a) Arus kendaraan lalu lintas dari arah Selatan (Sudirman) yang akan menuju Monas dialihkan menuju Jalan Imam Bonjol-belok kiri menuju Jalam Agus Salim-belok kiri menuju Jalan KH. Wahid Hasyim- belok kanan menuju Jalan M.H. Thamrin.

b) Diberlakukan contraflow untuk kendaraan yang akan menuju gedung-gedung yang posisinya berada di antara Bundaran Hotel Indonesia sampai Simpang Sarinah.

2. Pengaturan lalu lintas tahap 2

a) Arus kendaraan lalu lintas dari arah Monas yang akan menuju Selatan (Sudirman) dialihkan belok kiri menuju Jalan KH. Wahid Hasyim belok kanan menuju Jalan Agus Salim-belok kiri menuju Jalan Gereja Theresia-belok kanan menuju Jalan Yusuf Adiwinata-belok kiri menuju Jalan Imam Bonjol-putar balik di Traffic Light (Simpang Imam Bonjol- Cokroaminoto)-belok kiri menuju Jalan Pamekasan -Jalan Jenderal Sudirman.

b) Diberlakukan contraflow untuk kendaraan yang akan menuju arah Selatan (Sudirman) yang posisinya berada di antara Simpang Sarinah sampai Bundaran Hotel Indonesia pada Jl. M.H.Thamrin sisi Timur melalui Jalan Sunda-Jalan Agus Salim.

Tak hanya itu, Dishub DKI Jakarta juga akan melakukan penutupan dua lanjur jalan, yakni lajur bus Transjakarta dan lajur reguler pada Jalan MH. Thamrin sisi Barat arah ke Monas dimulai pada Selasa (31/07/18) pagi pukul 05.00 WIB hingga Kamis (02/08/18) malam pukul 23.00 WIB.

Penulis: Dimas Ramadhan