Pasukan Sehat

Mengenal 3 Pasukan Elit TNI yang Amankan Asian Games 2018, Ada yang Disebut Pasukan Siluman

Jumat, 3 Agustus 2018 14:55 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© WordPress.com
Sat-81 akan mengamankan Asian Games 2018. Copyright: © WordPress.com
Sat-81 akan mengamankan Asian Games 2018.
Sat-81 Kopassus

Satuan Penanggulangan Teror 81 (Gultor Sat-81) yang mendapat julukan Pasukan Siluman Kopassus adalah satuan Kopassus yang setingkat dengan Grup. Pasukan ini pun menjadi seleksi pasukan khusus terbaik di TNI sejak didirikan 1981.

Kualifikasi personel strata tertinggi di  mampu meredam ancaman yang bersifat kompleks dengan skala kesulitan sangat tinggi.

Sat-81 ini dididik untuk bergerak dalam unit kecil dengan durasi yang sangat cepat. Bukan lagi dalam hitungan jam, namun Sat-81 dilatih untuk meredam ancaman dalam hitungan menit.

Prajurit Gultor Sat-81 memiliki spesialisasi kemampuan tinggi tidak hanya di darat. Mereka juga punya kemampuan terjun bebas atau kemampuan khusus di laut yang biasa dikuasai Tim Pasukan Katak.

Gultor Sat-81 baru diturunkan bila ancaman dengan skala yang sangat sulit karena mereka punya visi "Tidak diketahui, tidak terdengar, dan tidak terlihat".

Selain harus punya kekuatan fisik, mereka juga harus punya kecerdasan dengan IQ diatas 110. Beberapa misi yang mereka lakoni antara lain pembebasan sandera maskapai Garuda di Thailand pada 1981, pembebasan 26 sandera di Irian Jaya pada 1996 serta penggerebekan Gembong Teroris Nurdin M Top.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%