In-depth

GANEFO: Olimpiade 'Tandingan' yang Lambungkan Nama Indonesia

Kamis, 9 Agustus 2018 15:32 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang. Copyright: © INDOSPORT
Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang.

INDOSPORT.COM - Tak hanya SEA Games dan Asian Games, Indonesia juga pernah menyelenggarakan GANEFO. GANEFO menjadi bukti bahwa Indonesia menjadi negara yang terpandang di mata dunia. 

Sebentar lagi, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akan segera dilaksanakan. Indonesia untuk kedua kalinya dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar bagi negara-negara di Benua Asia tersebut. 

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tak lepas dari kesuksesan Indonesia menggelar berbegai event olahraga kelas internasional di masa lalu. Salah satu event olahraga yang sukses melambungkan nama Indonesia di kancah olahraga dunia adalah Games of New Emerging Forces atau GANEFO

GANEFO atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti, Pesta Olahraga Negara-negara Berkembang menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event olahraga sekelas Olimpiade. Berbeda dengan Asian Games yang hanya diikuti negara-negara Asia, GANEFO juga diikuti oleh negara-negara Eropa, Afrika, dan Amerika Latin. 

GANEFO yang terselenggara pada 10-22 November 1963 tersebut juga menunjukkan bahwa olahraga tak bisa dilepaskan dari ranah politik.