Memalukan, Persiapan Asian Games 2018 Dinodai dengan Aksi Typo

Jumat, 10 Agustus 2018 14:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Spanduk Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Spanduk Asian Games 2018.

INDOSPORT.com – Menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia tentu harus mempersiapkan segala hal dengan sempurna. Tetapi gara-gara kesalahan penulisan membuat persiapan di Indonesia menjadi ternoda.

Berbagai tanda dan spanduk telah mulai dipasang di seluruh negeri untuk menyambut dimulainya turnamen olahraga terbesar di Asia yang akan dilangsungkan di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus pekan depan.

Akan tetapi, pemasangan spanduk baru di ruang terbuka untuk Asian Games telah menjadi bahan lelucon di Indonesia karenakan adanya kesalahan pengetikan dan singkatan yang salah tempat.

Laporan dari The Jakarta Post, menyebutkan bahwa salah satu spanduk yang terpasang di Palmerah di Jakarta Barat, memuat pengejaan kata Indonesia, ‘terselenggara’, yang ditulis dengan salah. Dalam spanduk itu tertulis ‘terselengara’.

Tentu saja spanduk ini menjadi bahan sorotan berbagai pihak yang sadar dengan Bahasa Indonesia, salah satunya adalah penulis terkenal Goenawan Mohamad melalui akun Twitter pribadinya.

Di dalam posting-annya, Goenawan menyoroti penulisan ‘AISAN’ yang merujuk pada ‘ASIAN’. Kata tersebut sebenarnya adalah singkatan dari Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Association Asian Nations).

Goenawan kemudian menuliskan kembali ‘AISAN’ ini seharusnya menjadi ‘ASINAN’, yang merujuk makanan khas kota Bogor.

Dalam postingan-nya ia secara terbuka mempertanyakan apakah kesalahan tersebut dilakukan oleh pemerintah atau perancang gambar-gambar, mengingat mereka tidak mengecek terlebih dahulu blue print sebelum naik cetak.

Kekhawatiran akan kesalahaan ejaan juga disampaikan oleh Imam Satria, Ketua Komisi D Dewan Kota Jakarta yang mengawasi pembangunan, dalam sebuah sesi Dewan Kota.

“Mengapa dieja ‘ASEAN’ pada spanduk ASIAN Games? Kita bisa menjadi bahan tertawaan. Ini memalukan. Terutama dengan logo Pemerintah Jakarta di atasnya.”

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus perkembangan dan berita-berita terbaru seputar Asian Games 2018 di INDOSPORT.