Terungkap! Ini Rincian Biaya Opening dan Closing Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 20:02 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Kemegahan dan kemeriahan pembukaan Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Kemegahan dan kemeriahan pembukaan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Biaya Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018 ternyata sudah di pangkas besar-besaran.

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (18/08/18) lalu, telah digelar Opening Ceremony Asian Games 2018, yang memang berlangsung di Indonesia.

Acara yang dimulai pukul 19:00 WIB tersebut pun berlangsung dengan spektakuler hingga tidak muluk dikatakan bila masih melekat di pikiran orang yang menonton secara langsung maupun dari layar televisi.

Dari awal, penonton sudah dihiasi dengan berbagai pargelaran tarian daerah dari seluruh Indonesia dan juga lantunan merdu suara artis-artis ternama Tanah Air.

Semuanya tampil di sebuah panggung yang dibentuk menyerupai gunung dan daratan, lengkap dengan sebuah air terjun buatan. Belum lagi rentetan kembang api yang dinyalakan dengan skema yang indah.

Melihat berbagai hal spektakuler tersebut, tentu banyak pihak yang bertanya, kira-kira berapa biaya yang dikeluarkan untuk menggelar Opening Ceremony Asian Games 2018?

Ternyata, biaya Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018 menelan biaya sebesar 32 juta USD (sekitar Rp467 miliar). Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Direktur Media dan Public Relations INASGOC, Danny Buldansyah.

"Jadi awalnya opening dan closing dianggarkan sebesar 52 juta USD (sekitar Rp758 miliar). Tapi kemudian ada yang bisa kita pangkas, hingga akhirnya hanya memakan 32 juta USD," ujar Danny saat dihubungi awak INDOSPORT.