Cedera Bahu, Perenang Putri 'Supernatural' China Berjuang di Asian Games 2018

Kamis, 23 Agustus 2018 19:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Abdurrahman Ranala
© South China Morning Post
Perenang andalan China, Fu Yuanhui Copyright: © South China Morning Post
Perenang andalan China, Fu Yuanhui

INDOSPORT.COM – Perenang putri asal China, Fu Yuanhui, belum mendapatkan emas satu pun dibandingkan dengan rekan-rekannya di cabang olahraga renang Asian Games 2018, karena cedera bahu yang dideritanya.

Atlet yang dijuluki Supernatural Girl ini tidak dapat mempertahankan gelarnya di kategori gaya punggung 50 m, karena telah dikalahkan oleh rekan satu negaranya, Liu Xiang, yang mencetak rekor dunia sebagai perenang tercepat dengan torehan waktu 26,98 detik.

"Saya tidak dalam performa terbaik tetapi saya mencoba yang terbaik. Saya tidak terkejut dengan hasilnya. Selamat kepada Liu Xiang, emas itu milik China," kata Fu, dilansir dari China Daily.

Cedera bahu yang didapati Fu sejak lama, nyaris membuat perenang berusia 22 tahun itu tidak mendapat tempat di tim nasional untuk nomor gaya punggung di Asian Games 2018. Hal inilah yang membuat Fu tidak berada dalam penampilan terbaiknya dan berjuang untuk mendapatkan emas.

Pada pertandingan selanjutnya, Fu hanya bisa menyelesaikan nomor gaya punggung 100 m dengan catatan waktu 1 menit 35 detik, jauh di belakang rekor nasionalnya yaitu 58,76 detik di Olimpiade Rio 2016.

Setelah menyelesaikan disiplinnya masing-masing, Fu harus mencari relai untuk mendapatkan medali emas.

Gadis ceria itu juga sempat mengalami keterpurukan karena cedera yang menimpanya, dan membuat ia sempat berpikir untuk pensiun setelah kejuaraan nasional pada April lalu. Kini Fu nampaknya telah bangkit dan mendedikasikan seluruh kekuatannya di turnamen ini.

Meski belum pulih sepenuhnya dari cedera, Fu masih akan terus berjuang untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

 

Paragliding kembali sumbang medali emas bagi Indonesia! Terima kasih @jafromegawanto! (📷 Oleh: Tagor Siagian/INASGOC) #PentAsia2018 #AsianGames2018 #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT