Baru 9 Hari, Capaian Emas Asian Games 2018 Sudah Lampaui Target

Senin, 27 Agustus 2018 18:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Medali Emas Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Medali Emas Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Kontingen Indonesia di Asian Games 2018 pada hari ini, Senin (27/08/18), sudah melampaui target yang dicanangkan sebelumnya. Padahal, pesta olahraga terbesar se-Asia ini masih berada di hari kesembilan.

Beberapa waktu terakhir, posisi klasemen sementara perolehan medali Indonesia berada di peringkat 5, di bawah China, Jepang, Korea Selatan, dan Iran.

Namun kucuran emas dari cabang Pencak Silat hari ini berhasil membawa Indonesia lampaui target 16 emas dan naik satu posisi ke peringkat 4.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menargetkan peringkat 10 besar. Untuk mengamankan posisi tersebut, setidaknya Indonesia harus meraih 16 medali emas “Jika dikonversikan dengan medali emas, maka berkisar 16-an medali emas,” tuturnya.

Salah satu motivasi para atlet dalam menorehkan emas tentu saja tidak lepas dari pernyataan Menpora sendiri, di mana Imam Nahrawi menjanjikan bonus sebesar Rp1,5 miliar bagi para penggondol medali emas di Asian Games. Bonus ini menjadi yang terbesar dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Asian Games.

Hingga kini Indonesia sudah memastikan 20 emas, meninggalkan Iran yang masih tertahan dengan 16 emas, dan Chinese Taipei dengan perolehan 11 emas.

Indonesia juga dipastikan melewati raihan terbaik Asian Games sepanjang masa, yakni pada edisi 1974 di Teheran, Iran. Ketika itu, Indonesia finish di peringkat lima dengan koleksi 15 medali emas, 14 perak, dan 17 perunggu.

Penulis: Martini

Fajar/Rian Amankan Tiket Final Asian Games 2018

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT