Pencak Silat, Lumbung Emas Baru Indonesia di Asian Games

Kamis, 30 Agustus 2018 10:35 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pesilat Indonesia, Abdul Malik usai memastikan juara dan medali emas. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pesilat Indonesia, Abdul Malik usai memastikan juara dan medali emas.

INDOSPORT.COM - Bulutangkis kini bukan menjadi satu-satunya olahraga andalan Indonesia untuk meraih emas Asian Games.

Pencak silat Indonesia mengukir sejarah. Selain sukses sapu bersih 14 emas di Asian Games 2018, silat juga meraih rekor cabang olahraga yang terbanyak menyumbangkan emas bagi Indonesia di sepanjang sejarah keikutsertaannya di Asian Games.

Sebelum masuknya seni bela diri asli Indonesia ini sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games, Indonesia berharap banyak pada bulutangkis yang rutin menyumbangkan medali bagi Indonesia.

Namun pada Asian Games 2018 yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang, pencak silat menjadi lumbung emas bagi tuan rumah.

Sebelumnya pada Asian Games 2014 di Korea Selatan, Indonesia hanya mampu meraih 4 emas dan dua diantaranya dari cabang bulutangkis.

Sedangkan rekor perolehan emas tertinggi Indonesia diraih saat menjadi tuan rumah pada tahun 1962. Total 11 emas yang diraih Indonesia dan 5 di antaranya pun dari cabang bulutangkis.

Namun kehadiran cabang baru pencak silat di Asian Games memberikan masa depan yang cerah bagi Indonesia kedepannya.

Pencak silat di Asian Games 2018 sendiri diikuti oleh 16 negara meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Uzbekistan, Pakistan, India, Kirgiztan, Nepal, Jepang, Laos, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan Iran.

Adapun perolehan medali emas dari pencak silat dipersembahkan oleh Puspa Arum Sari, Yola Primadona/Hendy, Nunu Nugraha/Anggi Faisal/Asep Yuldan, Aji Bangkit Pamungkas, Komang Harik Adi Putra.

Selanjutnya juga ada Iqbal Candra Pratama, Sarah Tria Monita, Abdul Malik, Sugianto, Ni Made Dwiyanti/Ayu Sidan Wilantari, Pramudita/Lutfi/Gina Tri, Pipiet Kamelia, Hanifan Yudani Kusumah, serta Wewey Wita.

Penulis: Martini.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.