Sukses Gelar Asian Games 2018, Indonesia Berpeluang Gelar Olimpiade

Minggu, 2 September 2018 20:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© IG: @radenrauf
Kemeriahan penutupan Asian Games 2018. Copyright: © IG: @radenrauf
Kemeriahan penutupan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Indonesia dapat dikatakan sukses menggelar Asian Games 2018 ini. Kini usai sukses Asian Games, Indonesia pun ditantang untuk dapat menggelar pesta olahraga terbesar lainnya, yakni Olimpiade.

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach. Bach Bahkan bermimpi pesta olahraga terakbar Olimpiade digelar di kawasan Asia Tenggara. 

"Iya, saya membayangkan (memimpikan), karena Olimpiade adalah ajang global dan ke universalannya harus tercermin tak hanya lewat partisipasi 206 negara, tapi juga dari penyelenggaraan Olimpiade di semua kawasan," ucap Bach.

Impian Bach memang bukan tanpa alasan. Sebab bagi dia masih ada dua wilayah yang belum menggelar Olimpiade. Yakni Afrika dan Asia Tenggara.

Untuk wilayah Afrika telah diputuskan untuk menggelar Olimpiade Remaja Musim Panas di Afrika pada 2022. Botswana, Nigeria, Senegal, dan Tunisia sudah menyatakan tertarik untuk menggelar pesta akbar tersebut pada 2022.

Sementara itu, wilayah kedua adalah Asia Tenggara yang didambakan menggelar Olimpiade. Dan Indonesia memiliki peluang tersebut.

"Oleh karena itu saya bisa membayangkan menggelar Olimpiade di kawasan kalian (Asia Tenggara). Di kawasan ini, saya kira Indonesia adalah salah satu tempat dan negara terbaik untuk melakukannya," papar Bach.

Bach lantas menyampaikan apresiasinya terhadap kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Menurutnya,  itu bisa menjadi modal awal bagi Indonesia untuk menggelar pesta olahraga yang lebih besar lagi seperti Olimpiade.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT