Usai Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Hangzhou Siap Tularkan Energi Asia di 2022

Kamis, 6 September 2018 07:45 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© China Daily/VCG
Logo Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China. Copyright: © China Daily/VCG
Logo Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China.

INDOSPORT.COM - Pesta olah raga terbesar bangsa-bangsa Asia akhirnya usai juga Minggu (02/09/18) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta dalam acara penutupan yang seru.

Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang sudah selesai dan para atlet sudah kembali ke negara masing-masing. Namun,tidak ada kata istirahat bagi kota Hangzhou di China yang tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games empat tahun berikutnya.

Hangzhou yang terkenal dengan danau dan kuil indahnya akan menjadi kota ketiga Negeri Panda yang menjadi tuan rumah Asian Games. Sebelumnya ada Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC) menjanjikan ajang empat tahunan berikutnya akan memenuhi standar tertinggi dan mereka tengah berupaya mewujudkan hal itu.

"Kami yakin dengan dukungan dan panduan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan pengalaman kami menjadi tuan rumah beberapa turnamen olah raga di Asia, kami bisa berhasil menyelenggarakan Asian Games."

"HAGOC akan fokus sepenuhnya pada persiapan," ujar Xi Jianfend, Wakil Direktur Hubungan Internasional HAGOC dalam Sidang Umum ke-37 OCA di Jakarta sebagaimana dilansir Xinhua.

HAGOC sendiri sudah menentukan 52 lokasi untuk tempat pertandingan dan mereka menentukan standar untuk pembangunan venue.

Pejabat tinggi HAGOC Chen Guomei juga memuji Indonesia yang sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 selama dua minggu terakhir sekalipun persiapan sedikit singkat.

"Asian Games ke-18 benar-benar rapi dan ini membuat kita terkesan. Upcarara pembukaan begitu spektakuler dan atmosfer penonton luar biasa meriah. Kami bisa merasakan gairah itu," ujar Guomei yang juga wakil walikota Hangzhou.

Dia juga berharap HAGOC bisa belajar dari kesiapan Indonesia dari manajemen tempat tinggal atlet, transportasi, upacara pembukaan dan penutupan, layanan media, IT dan sebagainya.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

1