In-depth

Mengenal FESPIC Games, 'Induk' yang Lahirkan Asian Para Games

Jumat, 7 September 2018 14:55 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Abdurrahman.R/INDOSPORT
Simbol FESPIC Games di Stadion Sriwedari. Copyright: © Abdurrahman.R/INDOSPORT
Simbol FESPIC Games di Stadion Sriwedari.

INDOSPORT.COM - Asian Para Games, menjadi ajang persaingan atlet penyandang disabilitas di Benua Asia. Sebelum ada Asian Para Games, FESPIC Games menjadi pesta olahraga disabilitas terbesar di kawasan Asia Pasifik. 

Indonesia, tepatnya Jakarta, akan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 pada 6-13 Oktober mendatang. Asian Para Games 2018 merupakan gelaran ke-3 dari pesta olahraga untuk atlet penyandang disabilitas itu.

Asian Para Games sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 lalu di Guangzhou, China. Saat itu, Indonesia berada di urutan ke-14 dengan 1 medali emas, 5 medali perak, dan 5 medali perunggu. 

Dan pada Asian Para Games 2018 mendatang, Indonesia yang menjadi tuan rumah ditargetkan berada di 7 besar klasemen dan meraih 17 medali emas. 

Berbicara Asian Para Games, usianya memang tergolong "muda" karena baru dimulai tahun 2010. Namun, sebelum Asian Para Games diselenggarakan, sudah lebih dulu ada sebuah ajang multi-event untuk atlet penyandang disabilitas yang bernama, FESPIC Games. 

FESPIC Games sendiri adalah kesempatan bagi para atlet penyandang disabilitas untuk berprestasi. FESPIC Games diselenggarakan untuk menghargai para atlet penyandang disabilitas dan menyebarluaskan pehamahaman tentang disabilitas di berbagai negara, serta untuk mengembangkan kehidupan sosial penyandang disabilitas. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%