Korea Selatan dan Korea Utara Bersatu Kembali di Asian Para Games 2018

Minggu, 23 September 2018 14:53 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Korea Portal
Kontingen Korea Selatan di Asian Para Games Copyright: © Korea Portal
Kontingen Korea Selatan di Asian Para Games

INDOSPORT.COM - Setelah Asian Games 2018 lalu, Korea Selatan dan Korea Utara yang bergabung di bawah satu bendera, akan meneruskan hal positif itu di ajang Asian Para Games 2018 nanti. Hal ini, merupakan pertama kalinya, dua negara Korea tersebut bergabung di kompetisi paralimpik.

Presiden Asian Paralympic Committee (APC), Majid Rashed, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada INAPGOC yang telah mengijinkan dan mendukung hal tersebut, di Asian Para Games nanti. Menurutnya, ajang paralimpik ini, mampu menyebarkan pesan perdamaian ke seluruh dunia.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada IPC (International Paralympic Committee), federasi-federasi olahraga internasional, dan INAPGOC yang telah mendukung inisiatif ini. Kami sangat bangga bahwa Asian Para Games akan menjadi ajang penyebaran pesan perdamaian ke seluruh dunia," tutur Majid Rashed dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Senada dengan Majid Rashed, Presiden International Paralympic Committee Council (IPC), Andrew Parsons, merasa senang saat mengetahui Korea Selatan dan Korea Utara akan berada di bawah bendera Unifikasi Korea selama parade Asian Para Games berlangsung.

Ia menambahkan, hal tersebut telah menjadi bukti bahwa olahraga dapat menyatukan apapun, termasuk dua negara yang dilanda konflik.

"Gestur ini sekali lagi menunjukkan kemampuan olahraga dalam menyatukan bangsa dan membawa pesan perdamaian kepada dunia. Kami mengharapkan yang terbaik bagi para atlet yang bertanding di Jakarta," tuturnya.

Pada Asian Para Games nanti, terdapat 120 atlet gabungan dari Korea Selatan dan Korea Utara yang akan berparade dalam upacara pesta olahraga disabilitas Asia ini. Uniknya, saat parade tersebut, atlet-atlet ini akan menggunakan seragam dengan desain yang mirip bendera unifikasi Korea tersebut.

Nantinya, Unifikasi Korea akan menurukan tim dalam dua cabang olahraga (cabor) Asian Para Games. Salah satunya adalah cabor tenis meja, di mana mereka akan menurunkan dua tim dalam nomor Men's TT6-7 Team dan Men's TT8 Team.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Ridi F Khan.