x

Jangan Kayak Rio Reifan, 4 Olahraga Ini Jauhkan Diri Anda dari Narkoba

Senin, 14 Agustus 2017 20:33 WIB
Penulis: Ardini Maharani Dwi Setyarini | Editor: Arum Kusuma Dewi

Artis Rio Reifan kembali 'tercyduk' jajaran kepolisian sebab penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Belajar dari kasusnya, sebaiknya Anda mulai menjauhi barang haram tersebut. Kecanduan narkoba bisa disembuhkan, kok. Salah satunya dengan olahraga. 

Baca Juga

Dilansir dari berbagai sumber seperti DW, kompas.com, serta Antara, setidaknya ada 4 olahraga yang bisa bikin para pecandu narkoba seperti Rio Reifan berangsur-angsur melepas ketergantungannya. Asalkan rajin dilakukan, terapi dengan olahraga paling berhasil mengatasi penyalahgunaan psikotropika. Olahraga apa saja, ya? Ikuti ulasan INDOSPORT berikut ini.


1. Tinju

Ilustrasi tinju.

Olahraga tinju menjadi salah satu terapi alternatif yang bagus untuk orang-orang yang kecanduan narkoba seperti Rio Reifan. Seperti di Rumah Cemara, Bandung, Jawa Barat yang menawarkan para pecandu untuk menjadi atlet tinju profesional. Menurut pendiri Rumah Cemara, Ginan Kusmayadi yang juga pernah menjadi pecandu narkotika, di tempat itu mantan pengguna obat-obatan terlarang bisa berbagi pengalaman dan saling membantu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

"Tinju merupakan kegiatan yang menghasilkan endorfin, serotonin, dan dopamin dalam tubuh manusia, menyediakan pengganti yang positif dan sehat atas efek obat bius pada mantan pengguna narkoba. Ini akan membantu mereka menjauhi narkoba," ujar Ginan.


2. Joging

Joging.

Bersama udara di pagi hari plus alunan musik lewat mp3, joging bisa sangat menyenangkan dan membuat tubuh bugar dan rileks setelahnya. Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa Satya Joewana, joging bisa mengganti rasa kecanduan karena narkoba. Joging meningkatkan hormon endorfin yang memiliki sifat morfin dan menimbulkan perasaan nyaman serta tenang.


3. Yoga

Yoga.

Yoga, olahraga kekinian itu banyak diminati para selebritas. Gerakan yoga juga sangat santai. Bukan hanya tubuh yang dibuat rileks, melainkan juga pikiran sehingga rasa untuk mengonsumsi narkoba jadi jauh. Setara dengan olahraga lain, Yoga juga meningkatkan hormon endorfin.


4. Catur

Bidak catur (ilustrasi).

Ini dia olahraga yang bisa menjauhkan diri Anda dari narkoba dalam sekejap. Catur mendidik pemainnya untuk selalu berpikir dan menganalisis situasi sebelum melakukan sebuah tindakan.

"Cara bermain catur dapat memengaruhi karakter dan perkembangan kejiwaan korban narkoba saat menjalani rehabilitasi, khususnya dalam merencanakan penggunaan waktu dengan baik serta kemampuan menentukan prioritas positif dalam hidupnya," kata Ketua Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo seperti dimuat Antara.

Hari Olahraga NasionalYogaTips BugarCaturJoggingTinjuTips dan TrikRio Reifan

Berita Terkini