x

Kocak Parah! Orang Malaysia Ternyata Hobi Membalik Bendera dan Ini Buktinya

Minggu, 20 Agustus 2017 16:51 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini

Aneh sekaligus konyol. Entah apa yang tengah dipikirkan warga Malaysia namun mereka sangat hobi 'membalik' bendera. Nampaknya membuat bendera terbalik menjadi 'hobi' bagi sebagian rakyat Negeri Jiran ini. Kemarin saat pembukaan SEA Games 2017, di buku panduan terlihat bendera Indonesia dibalik, yang seharusnya Merah - Putih menjadi Putih - Merah. Meski benci setengah mati, namun Anda perlu tahu ternyata kasus bendera terbalik di Malaysia itu sering sekali terjadi! Dan yang menjadi 'korban' adalah bendera mereka sendiri, Si Jalur Gemilang. Parah abis, kan?

Baca Juga

Bendera dengan salur merah dan putih plus matahari - bintang beralas biru, itulah bendera Malaysia yang digelari 'Jalur Gemilang'. Anda yang sebel sama negara tetangga itu bakalan bengong sekaligus jadi kasihan lantaran si Jalur Gemilang sendiri kerap tidak dihormati di Malaysia. Terbukti banyaknya kasus soal bendera yang dikibarkan terbalik. Ini salah satunya.

Situs theborneopost.com juga pernah melaporkan ada Jalur Gemilang yang dikibarkan terbalik. Parahnya hal itu terjadi di salah satu rumah pejabat negara di Malaysia.

Pengibaran terbalik yang paling diingat tentu saat peristiwa berikut. Jalur Gemilang salah dibentangkan di laga Final Piala AFF 2010 yang terjadi di Stadion Bukit Jalil. 

Bagaimana menurut Anda? Sementara itu Pemerintah Malaysia akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terkait insiden terbaliknya warna bendera Indonesia pada majalah suvenir spesial di pembukaan SEA Games 2017. Permintaan maaf itu disampaikan melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Imam Nahrawi di Hotel Shangrila, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/08/17).

IndonesiaMalaysiaSEA Games 2017

Berita Terkini