x

Wow! PES Masuk Cabang Ekshibisi Asian Games 2018

Selasa, 15 Mei 2018 10:17 WIB
Editor: Isman Fadil
Pes asian games

Kepopuleran game mobile semakin tidak dapat dihentikan lajunya,  terutama di area Asia. Hal ini berbuah pekerjaan tersebut yang sekitar ini dikategorikan sebagai eSports dipilih masuk sebagai di antara pertandingan Asian Games 2018 nanti.

Asian Games 2018 akan segera digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Jakarta dan Palembang dipercaya untuk jadi tuan rumah dari perhelatan akbar olahraga se-Asia tersebut. Nah, salah satu game yang akan diikutsertakan dalam perlombaan adalah Pro Evolution Soccer (PES).

Baca Juga

1. 6 Games Dipertandingkan di Asian Games 2018

Pes asian games

Informasi mengenai keterlibatan PES dalam Asian Games 2018 disampaikan melalui Asosiasi Esport Indonesia (IESPA) melalui akun Facebook-nya. Selain PES, ada 5 permainan eSports lain yang dipertandingkan di Asian Games 2018. 

Di antaranya adalah Arena of Valor (AoV), League of Legends (LoL), Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft. 

"Setelah Arena of Valor terpilih sebagai salah satu cabang dalam exsibisi Esports di Asian Games, ada 5 games lagi yang terpilih dan akan dipertandingkan di Asian Games 2018 nanti," tulis IESPA.

"Kelima games tersebut adalah League of Legends, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft."


2. Kualifikasi Nasional

Pes asian games

Untuk menentukan wakil dari Indonesia, IESPA sebagai induk organisasi resmi eSports di Indonesia rencananya akan menyelenggarakan kualifikasi nasional pada bulan Mei ini.

"Adapun Kualifikasi setiap negara, dapat dilakukan mulai dari tanggal 5 Mei hingga 31 Mei. Dimana setiap negara bisa memilih hari penyelenggaraan di dalam periode tanggal tersebut," lanjut keterangan IESPA.


3. Berkembang Pesat di Indonesia

Pes asian games

eSport kini memang sedang berkembang pesat di Indonesia. Terbukti dari beberapa tim eSport Indonesia yang berprestasi di kompetisi eSport internasional.

Data dari lama eSport internasional, newzoo.com menyebutkan Indonesia memiliki 43,7 juta pemain game yang menghabiskan 880 juta dollar AS (sekitar Rp 11 miliar) untuk bermain game.

Namun, eSport tidak masuk salah satu cabang olahraga yang masuk perhitungan medali. Melainkan hanya sebagai turnamen ekshibisi saja.

Asian Games 2018Multi-EventPESeSports

Berita Terkini