x

3 Tips Olahraga Ringan Agar Fit Saat Mudik Perjalanan Jauh

Sabtu, 9 Juni 2018 13:59 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Kondisi Mudik Lebaran yang menuai kemacetan pada gerbang Brebes Timur.

Bagi masyarakat Indonesia, Hari Lebaran adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu. Melakukan pertemuan dengan sanak saudara untuk saling berbagi kasih dan membagi kebahagiaan adalah alasan mengapa Hari Lebaran sangat ditunggu oleh para masyarakat Indonesia yang merantau jauh.

Namun, perjalanan jauh untuk bertemu dengan sanak saudara kerap menjadi kendala utama. Perjalanan pulang ke kampung halaman, atau biasa disebut dengan Mudik kerap membuat para pengendara mengalami kelelahan fisik di tengah perjalanan jauh.

Menyiasati hal tersebut, INDOSPORT pun memberikan beberapa tips olahraga ringan untuk para pengendara mudik yang melakukan perjalanan jauh, guna mendapatkan kebugaran fisik dan tidak mudah lelah, seperti dilansir dari fitness reloaded.

Baca Juga

1. Lakukan Pemanasan Cepat atau Lambat

Ilustrasi Jogging.

Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh, otot-otot di badan kita dikendurkan terlebih dahulu agar tidak menegang secara mendadak yang dapat menyebabkan kram.

Caranya pun dapat dilakukan dengan berbagai macam, salah satunya adalah melakukan pemanasan cepat atau lambat disesuaikan dengan kondisi badan.

Seperti saat bangun tidur, ada baiknya kita melakukan pemanasan dengan berjalan kaki selama beberapa menit. Atau ketika kita dalam kondisi bugar, dalam melakukan sprint selama beberapa detik.

Selain gerak kaki, pemanasan juga dapat dilakukan dengan cara melakukan push-up dengan durasi 50 detik, disertai waktu jeda selama 10 detik.


2. Olahraga dengan Media yang Ada

Peregangan di Mobil yang dilakukan oleh Yoon Bora.

Maksud olahraga dengan media yang ada di sini adalah Anda dapat melakukan olahraga dengan menggunakan media yang berada di sekitar Anda.

Seperti saat Anda di rumah, Anda dapat menggunakan meja sebagai medianya. Anda dapat merentangkan tubuh di atas meja dalam keadaan tengkurap, dan mengangkat kedua kaki ke atas dengan mengangkat pinggang.

Atau bila sudah berada di dalam mobil, Anda dapat berolahraga di atas kursi dengan cara merentangkan kaki hingga kondisi lutut lurus, lalu mengangkat telapak kaki dengan sudut 90 derajat selama tiga kali.

Menggerakkan bahu ke atas dan ke bawah dapat membuat otot-otot di sekitar leher hingga kepala menjadi lebih rileks, serta tidak kaku ketika melakukan perjalanan jauh.


3. Jangan Lupa Melakukan Peregangan

Ilustrasi stretchcing.

Satu hal yang pasti, bila Anda melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil atau motor, bahkan bus sekalipun, Anda dapat beristirahat sebentar ketika berhenti untuk melakukan peregangan.

Peregangan tubuh dapat membuat otot-otot di badan menjadi lebih rileks dan tidak kaku, sehingga Anda dapat kembali melakukan perjalanan dengan nyaman.

Berikut Jadwal Piala Dunia 2018

Ikuti terus berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Komunitas SehatOlahragaTips dan TrikTRIVIA

Berita Terkini