x

PB PASI Siapkan Pelatnas untuk 99 Atlet Setara Lalu Muhamad Zohri

Kamis, 12 Juli 2018 18:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

Atlet atletik putra asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, mencetak sejarah dengan meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20 di Finlandia, Rabu (11/0718). 

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) pun menyiapkan 99 atlet lain dalam program pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) jangka panjang, selain Lalu Muhammad Zohri. Diharapkan Pelatnas jangka panjang dari PB PASI ini mampu mengembangkan bakat-bakat muda yang ada seperti Lalu Muhammad Zohri. 

Baca Juga

TONTON VIDEO DOKTER SPORT: RESEP JITU ORANG INDONESIA MAIN DI LIGA PRIMER INGGRIS

"Pelatnas jangka panjang PB PASI ada 100 atlet dari berbagai daerah pada tingkat remaja, junior, hingga senior. Kami selalu meminta dari daerah jika ada atlet-atlet usia 15 tahun dengan postur badan tinggi dari rata-rata segera dibawa ke Jakarta, biar kami yang membereskannya," ujar Ketua Umum PB PASI, Mohamad Hasan, di Jakarta, Kamis.


1. Perbaikan Nutrisi

Muhammad Zohri dari Indonesia (tengah), Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat (AS) di kejuaraan dunia lari 100 meter putra U-20.

Salah satu program yang akan dicanangkan oleh PB PASI terhadap 100 atlet, termasuk Lalu Muhammad, ini adalah memperbaiki pola hidup berupa perbaikan nutrisi dan pendidikan. 

"Atlet tidak boleh lagi makan nasi pada pagi hari. Mereka harus biasa makan roti dan minum susu. Tidak boleh terlalu banyak karbohidrat dan harus konsumsi ikan dan ayam," ujar Hasan.

"Pelatih juga harus bisa berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi ketika membawa atlet mengikuti kejuaraan internasional serta berbicara dengan pelatih asing,"


2. Bonus

Lalu Muhammad Zohri (kedua dari kiri) duel dengan pelari Trinidad dan Tobago dan Jepang.

PB PASI juga siap memotivasi para atlet dengan guyuran bonus demi penampilan yang maksimal. Bonus ini nantinya disesuaikan dengan prestasi mereka. 

"Kami memberikan tabungan hari depan. Seperti Emilia Nova, dia dapat Rp1 miliar lebih. Tapi, uang itu tidak dapat diambil kecuali buat usaha. Kalau bonus itu hanya untuk dihabiskan, ya tidak boleh," katanya.


3. Harus Disiplin

Lalu Muhammad Zohri menjadi juara dunia lari 100 meter putra U-20.

Bukan hanya nutrisi, pendidikan, dan bonus yang diberikan kepada 100 atlet atletik masa depan Indonesia ini. Melainkan juga belajar untuk disiplin. Bahkan, Hasan tak segan mengambil langkah tegas terhadap atlet yang tak menuruti peraturan yang ada. 

"Ada atlet yang punya motor besar. Saya bilang 'kamu tidak jual motor ini, saya keluarkan. Saya kembalikan kamu ke daerah'. Karena dia bisa cedera jika pakai motor sebesar itu," katanya.

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

LariPB PASILalu Muhammad Zohri

Berita Terkini