x

Ditawari Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ini Jawaban Jokowi

Sabtu, 1 September 2018 14:10 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Kesuksesan Asian Games 2018 membuat Indonesia banyak dipuji oleh seluruh nasional maupun dunia. Bahkan baru-baru ini Indonesia diberikan penawaran untuk bisa menjadi tuan rumah ajang yang lebih besar, Olimpiade 2032.

Sebelumnya, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach memberikan pernyataan berupa tawaran kepada Presiden Joko Widodo untuk mengadakan Olimpiade 2031 menyusul kesuksesan pesta olahraga Asia tahun ini.

“(Rencana) ini pertama-tama diserahkan ke Presiden Indonesia dan (Ketua Olimpiade Nasional Indonesia),” kata Bach.

Baca Juga

“Saya akan memberikan selamat kepadanya (Jokowi) atas kesuksesan Asian Games dan mungkin saya bisa mengatakan kepadanya kesuksesan ini bisa dibangun lagi (untuk Olimpiade 2032) di Indonesia dan kemudian kita akan lihat,” lanjutnya.


1. Indonesia Siap Olimpiade 2032

Jokowi dan IOC

Dilansir dari Antara, spekulasi mengenai Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pun mulai terjawab. Sabtu (01/09/18), Presiden Jokowi baru saja menerima kedatangan Presiden IOC, Thomas Bach dan Presiden OCA, Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pertemuan tersebut membahas mengenai Olimpiade. Jokowi pun mengaku siap dan yakin bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah perhelatan sebesar Olimpiade.

"Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini, kita yakin juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar," kata Jokowi.

Selain itu, kepala Negara Republik Indonesia menyebutkan kalau petinggi OCA serta IOC juga memuji kesuksesan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Beliau sangat menghargai dan kagum atas kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan perhelatan besar Asian Games ke-18 Tahun 2018 ini," katanya.

Thomas Bach tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang menerima dengan baik dirinya bersama delegasi IOC dan OCA di Istana Bogor. Ia juga kembali mengucapkan selamat kepada Jokowi atas keberhasilannya menyelenggarakan Asian Games 2018.

Baca Juga

"Oleh karena itu, IOC sangat menghargai pencalonan Indonesia untuk olimpiade 2032 karena dengan kesuksesan penyelenggaaraan Asian Games ini," katanya.

"Selamat Indonesia dan selamat datang di keluarga olimpiade kami dengan pencalonan ini untuk Olimpiade 2032," kata Bach.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Asian Games 2018Joko WidodoJokowiInternational Olympic Committee (IOC)Olympic Council of Asia (OCA)Thomas Bach

Berita Terkini