x

5 Momen 'Heboh' Sepanjang Gelaran Asian Games 2018

Minggu, 2 September 2018 17:20 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Semarak gelaran Asian Games 2018 tinggal hitungan jam saja akan segera berakhir. Acara penutupan Asian Games 2018 sudah dipersiapkan, dan bakal dilangsungkan pada hari Minggu (02/09/18) malam nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sebagai tuan rumah, Indonesia terbilang sukses dalam menyelenggarakan Asian Games 2018. Pujian pun datang langsung dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach.

"Saya akan memberikan selamat kepadanya (Presiden Indonesia, Joko Widodo) atas kesuksesan Asian Games," ujar Bach.

Baca Juga

Selain soal kesuksesan sebagai tuan rumah sepanjang Asian Games 2018 ini, Indonesia turut menghadirkan beberapa momen menarik. Momen-momen itu bahkan sampai menimbulkan pergunjingan dan menyedot perhatian khalayak luas.

INDSPORT mencoba membahas momen-momen menarik sepanjang Asian Games 2018 ke dalam rangkuman berikut ini. Berikut ulasannya untuk Anda, pembaca setia kami.


1. Presiden Joko Widodo Naik Motor

Presiden Jokowi dan motornya.

Isu stuntman Presiden Indonesia, Joko Widodo, dalam video yang diputar di acara Opening Ceremony Asian Games 2018, Sabtu (18/08/18) lalu memang sempat menimbulkan kehebohan tersendiri.

Ya, pada video itu, ada adegan di mana Jokowi melakukan aksi memukau mengendarai motor. Ternyata aksi tersebut bukan dilakukan oleh Jokowi langsung, melainkan menggunakan stuntman alias pemeran pengganti.

Baca Juga

Usai isu stuntman Jokowi terkuak, kehebohan pun muncul seketika. Warganet dan beberapa tokoh politik bahkan begitu mempersoalkan mengenai penggunaan stuntman Jokowi tersebut.


2. Anthony Ginting Cedera

Anthony Sinisuka Ginting dibantu tim medis untuk mendapatkan pertolongan.

Anthony Ginting jadi salah satu atlet Indonesia di ajang Asian Games 2018 yang begitu mencuri perhatian masyarakat. Semua itu berawal dari aksinya kala bertanding dalam laga final bulutangkis beregu putra kontra China beberapa waktu lalu.

Kala itu, Ginting berhadapan dengan tunggal putra terbaik China, Shi Yuqi. Pertandingan berlangsung sengit hingga memasuki gim ketiga.

Baca Juga

Saat unggul 19-18 di gim ketiga, Ginting malah mengalami cedera pada bagian pergelangan kakinya. Namun, Ginting tak mau menyerah dan terus berusaha melanjutkan pertandingan.

Cedera di kakinya tak dihiraukan Ginting sama sekali. Hingga akhirnya saat tertinggal 20-21, Ginting menyerah tak kuasa menahan sakit di kakinya, dan harus mengakhiri pertandingan lebih cepat.

Perjuangan Ginting tersebut lantas mendapat apresiasi tinggi dari banyak pihak. Ia dianggap sebagai pahlawan bulutangkis Indonesia karena mau berjuang menahan cedera untuk membela negara.


3. Timnas Indonesia U-23 Kalah

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla.

Langkah Timnas sepak bola Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2018 harus terhenti di babak 16 besar. Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (24/08/18) lalu, Indonesia U-23 harus takluk dari tangan Uni Emirat Arab (UEA).

Pasukan Garuda kalah 4-3 dalam drama adu penalti, setelah laga sepanjang 120 menit dihiasi dengan skor imbang 2-2. Dua penendang Indonesia yang gagal ialah Septian David Maulana dan Saddil Ramdani.

Baca Juga

Kehebohan pun muncul, lantaran kekalahan ini membuat posisi Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia terancam. Milla kala itu terancam dipecat setelah gagal memenuhi target PSSI yang menginginkan Timnas melangkah sampai partai semifinal.

Namun kini, telah dipastikan bahwa PSSI ingin kembali menggunakan jasa Luis Milla untuk Timnas Seniornya, demi mempersiapkan diri di ajang Piala AFF 2018.


4. Jonatan Christie Selebrasi Buka Baju

Aksi selebrasi Jonatan Christie usai menang dan memastikan raih medali emas Asian Games 2018.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie berhasil meraih medali emas Asian Games 2018 usai menang atas wakil Taiwan, Chou Tiechen. Jojo menang setelah melewati pertandingan selama tiga set dengan skor 21-18, 20-22, 21-15.

Selain soal prestasi, Jojo juga jadi pembicaraan hangat lewat aksinya di lapangan yang kerap membuat para kaum hawa histeris.

Baca Juga

Ya, atlet 20 tahun itu kerap membuka baju dan memeprlihatkan badan bagusnya dalam beberapa kesempatan saat tampil di Asian Games 2018.


5. Joko Widodo dan Prabowo Subianto Berpelukan

Hanifan Yudani membuat Jokowi dan Prabowo berpelukan.

Presiden Indonesia, Joko Widodo hadir dalam laga final Pencak Silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat TMII pada Rabu, (29/8/2018) lalu. Kala itu, pesilat Indonesia, Hanifan Yudani, berhasil menang dan meraih emas. 

Hanifan kemudian menghampiri Jokowi untuk melakukan selebrasi. Uniknya, selebrasi itu juga dihiasi dengan aksi Hanifan yang mengajak Jokowi dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Prabowo Subianto, untuk berpelukan.

Baca Juga

Hal ini sontak menjadi perbincangan warganet yang menyaksikan langsung baik dari lokasi maupun layar kaca. Beberapa tokoh termasuk Sandiaga Uno pun turut membuat cuitan terkait momen tersebut.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT

Anthony Sinisuka GintingAsian Games 2018Jonatan ChristieJoko WidodoTRIVIAListicle Asian Games 2018

Berita Terkini