Setelah Hungaria, Ricciardo Berharap Trofi Kedua

Senin, 28 Juli 2014 16:03 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

"Kemenangan itu cukup menyenangkan," ungkap Ricciardo kepada Reuters, Senin.

"Safety car pada awal lomba bagus tapi pada saat yang lain tak cukup banyak membantu dan sungguh menyenangkan kami akhirnya mampu merebut posisi terdepan pada lap terakhir," sambung Ricciaro.

Dua tabrakan hebat membuat lomba dihentikan dan safety car pun harus keluar untuk memberikan kesempatan evakuasi pebalap plus para marshals Hungaroring membersihkan debris (puing-puing) hasil kecelakaan.

Daniel Ricciardo mampu memimpin lomba dengan ban berkondisi relatif baru, melewati Lewis Hamilton tiga lap sebelum akhir balapan, dan mengambil alih kembali posisi terdepan dari Fernando Alonso pada dua lap selanjutnya.

"Kami bertarung merebut kemenangan dan bersaing dengan para rival dengan ketat," kata Fernando Alonso.

"Kami perlu melalui sebuah balapan yang menegangkan untuk mendapatan posisi podium dan kami berhasil merebut kesempatan itu pada hari ini," tambah Ricciardo. 

Pebalap Ferarri, Fernando Alonso, berada pada posisi kedua dan pimpinan kejuaraan musim ini, Nico Rosberg, yang memulai balapan dari posisi terdepan bagi Mercedes, berada pada posisi keempat dan terpaut jauh 14 poin dari Hamilton.

Ricciardo memastikan kemenangan di Hungaroring setelah unggul 5,2 detik atas pebalap Spanyol itu. Itu merupakan kemenangan kedua Ricciardo sepanjang musim ini dan juga kariernya.

"Saya sadar memepetkan jarak poin (dengan Mercedes), namun perjalanan masih panjang," cetus Ricciardo. "Setiap orang tahu betapa aneh sistem poin di Abu Dhabi, tapi saya akan terus fokus dan mungkin itu akan berhasil. Kita lihat saja nanti."

Berdasar regulasi baru 2014, Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi akan menghelat seri terakhir GP F1 musim ini dan memiliki sistem poin ganda sebagai kejutan pada seri terakhir. GP F1 UEA 2014 akan berlangsung pada 23 November 2014.

Belgia akan menjadi seri selanjutnya dan masih akan berlangsung 27 hari dari saat ini alias pada 24 Agustus mendatang.

Di klasemen pebalap, Ricciardo masih terpaut 71 poin dari pemimpin klasemen, Nico Rosberg.