F1

Jelang GP Australia, Rosberg Bisa Jadi Yang Tercepat di Albert Park

Senin, 9 Maret 2015 22:18 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Formula 1 musim 2015 akan dihelat di Sirkuit Albert Park, Australia, Minggu 15 Maret 2015. Di musim lalu, pebalap asal Jerman, Nico Rosberg jadi yang tercepat di Albert Park. Pebalap Mercedes itu mencatatkan waktu 1 jam 32 menit 58 detik kala itu. 

Musim ini, bukan tidak mungkin Rosberg akan kembali menjadi yang tercepat di Albert Park. Ada beberapa faktor yang membuat Rosberg lebih diunggulkan dibanding rekan satu timnya, Lewis Hamilton. 

Pertama, Rosberg pastinya sudah paham betul track di Albert Park. Kedua mesin yang digunakan Mercedes memang di musim ini digadang-gadang akan menjadi salah satu calon kuat untuk bisa meraih juara dunia F1. Saat juara di Albert Park musim lalu, Rosberg dan tim konstruktor Mercedes menggunakan jenis ban lembut untuk sirkuit Albert Park yang terkenal kotor dan licin utamanya jika F1 digelar di tengah pekan. 

Dilansir dari f1network.net, jenis ban Pireli yang medium dan lembut akan jadi ban yang cocok untuk para pebalap. Ban ini memiliki permukaan licin, dengan pegangan yang rendah, downforce yang tinggi namun saat pengereman cukup berat. Hal itu semua akan meningkatkan beban kerja ban saat dilaju. 

Selain itu, Rosberg di tes pramusim menunjukan penampilan yang impresif. Saat pra musim di sirkuit Catalunya, Rosberg jadi yang tercepat di hari kedua dan ketiga dengan mengendarai mobil jenis W06 disusul rekan satu timnya, Lewis Hamilton. 

Ditambah seperti dilansir Motorsport.com, Rosberg miliki motivasi berlebih dimusim ini untuk bisa menjadi yang tercepat dibanding Lewis Hamilton. Di musim lalu, Rosberg hanya 5 kali naik podium sedangkan Lewis Hamilton sukses 11 kali naik ke podium. "Saya siap dengan apapun di lintasan di musim ini. Saya lebih siap untuk jadi yang tercepat," kata Rosberg. 

Siapa saingan Rosberg? 

Pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo ialah salah satu saingan terkuat Rosberg. Alasannya? Ricciardo ialah kewarganegaraan Australia, tentu ada semangat tersendiri untuk dirinya tampil memukau dihadapan publik sendiri. Selain itu musim lalu, Ricciardo sempat berada di peringkat kedua dibawah Rosberg. Selisih waktu Ricciardo hanya +00:24,525. Namun karena kena diskualifikasi, finish keduanya dicabut. 

Tentu kesalahan itu tidak ingin diulangi oleh pebalap asal Red Bull ini. Mobil jenis RB11 tentu akan dimanfaatkan betul perfomancenya oleh Ricciardo. Tes pramusim yang cukup bagus meski masih harus ada pembenahan dibeberapa sektor kata Ricciardo, dirinya yakin akan tampil lebih baik di Albert Park dibanding musim lalu. 

Sementara Ferrari meski sangat nyaman dan yakin dengan duet pebalapnya, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen tampaknya masih harus bersabar untuk jadi yang tercepat di seri pembuka GP F1 musim 2015. Alasannya di tes pramusim terakhir di sirkuit Catalunya, hanya satu pebalap Ferrari yang bisa tunjukan penampilan terbaik yaitu Kimi Raikkonen. Namun mengingat hasil di musim lalu di Albert Park, Kimi saat itu hanya mampu finish di urutan ke 8. 

Sebagai tim dengan mesin Mercedes yang utama, Rosberg akan memiliki keunggulan tersendiri. Meski beberapa pebalap dari tim lain namun menggunakan mesin Mercedes juga patut diwaspadai penampilan mereka. Musim pembuka di Albert Park diprediksi akan dikuasai oleh mobil-mobil bermesin Mercedes dengan alasan hasil tes pra musim di Catalunya sebagai faktor utamanya. Tim Mercedes jadi yang tercepat di Catalunya, tim Williams dengan mobil FW37 dengan mesin Mercedes pun jadi yang tercepat.

Jadwal GP Australia Sirkuit Albert Park: 

Jumat 13 Maret: 

Pukul 12:30-14:00: Tes 1 

Pukul 16:30-18:00: Tes 2 

Sabtu 14 Maret: 

Pukul 14:00-15:00: Tes 3 

Pukul 17:00-18:00: Kualifikasi 

Minggu 15 Maret: 

Pukul 16:00: Race

1