Komunitas

PPMKI Kecewa dengan Konferensi Asia-Afika

Senin, 20 April 2015 15:34 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Joko Sedayu
© Joehanez Villa/INDOSPORT
 Copyright: © Joehanez Villa/INDOSPORT

Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) merupakan sebuah komunitas pencinta mobil klasik atau yang dikenal juga dengan sebutan mobil retro. Mereka bahkan tidak segan-segan mengakui bahwa komunitas mereka merupakan bagian dari pelestari mobil klasik atau menghargai sejarah dari mobil klasik di Indonesia, termasuk melestarikan mobil yang digunakan oleh Presiden pertama di Indonesia, Soekarno.

"PPMKI merupakan bagian dari komunitas pencinta klasik retro dan kami juga melestarikan mobilnya presiden pertama di Indonesia, bahkan kami memilikinya sebanyak enam unit," pungkas Cecil Silanu, koordinator PPMKI, kepada INDOSPORT

Selain itu, dirinya juga menambahkan adanya rasa kekecewaan terhadap pihak panitia dari KAA yang dianggap tidak peka terhadap adanya komunitas mereka. KAA sendiri dilangsungkan dari tanggal 19 hingga 24 April 2015 mendatang di kota Jakarta dan Bandung.

Padahal, jika mereka mengetahui hal tersebut, maka PPMKI menilai Indonesia akan dapat dengan bangga memperkenalkan kepada para tamu undangan bahwa Indonesia masih memiliki mobil pertama presiden mereka yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

"Sejujurnya, kami agak kecewa dengan panitia KAA ke-60 2015 ini karena semua mobil ini saksi sejarah pada konferensi di kami itu ada, mereka itu kurang peka, seharusnya lihat dulu kondisinya. Makanya jangan pernah menyampingkan yang namanya klasik dan retro," sesalnya.

"Itu kan merupakan bagian sejarah dari seluruh kendaraan sampai hari ini, ketemu Xenia-Avanza itu karena apa? karena kita tetap melestarikan ini. Seandainya panitia KAA mengontak kami, maka kami dengan sukarela bantu, supaya peserta dari negara lain bisa terkejut, mobil yang dipakai itu merupakan mobil yang dipakai oleh presiden pertama kami," tambahnya.

1