Penggalangan Dana untuk Rio Haryanto Sampai ke Jawa Barat

Sabtu, 20 Februari 2016 21:16 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Ginanjar/INDOSPORT
Alex Asmasoebrata, mantan pembalap Indonesia. Copyright: © Ginanjar/INDOSPORT
Alex Asmasoebrata, mantan pembalap Indonesia.

Tak terlalu besar, Alex hanya meminta sumbangan sebesar Rp5 ribu melalui sebuah celengan besar agar pembalap Tanah Air, Rio Haryanto, bisa tetap berkiprah di kejuaraan balap mobil dunia tersebut.

Alex mengatakan meski sudah dipastikan tampil Formula 1, Rio masih membutuhkan banyak dana tambahan. Sebab kabar yang didapat, dana yang sudah terkumpul saat ini hanya bisa menerjunkan Rio hingga 3 race saja.‎

"Ini harus didukung oleh semua pihak. Karena dari Rp250 miliar yang dibutuhkan baru terkumpul 30 persen saja. Artinya, Rio hanya bisa balap 3 race saja dari 21 race yang dipertandingkan. Kalau tidak ada dana, berarti Rio harus menyerah dan out," ujar Alex di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung.


Alex Asmasoebrata saat menggalang dana di KONI Jawa Barat.

Bukan hanya itu, lanjut Alex dari kabar yang didapat dana yang diberikan pemerintah dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebesar Rp100 miliar belum memiliki kejelasan.

"Masih belum jelas biaya Rp100 miliar yang diberikan Menpora. Karena katanya harus ke DPR atau ke mana. Apa bisa dalam waktu tiga bulan ini bisa dilunasi?," tuturnya.

Untuk itu, pria yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Pengprov Pordasi DKI Jakarta ini berharap kepada seluruh pihak untuk memberikan sumbangsih.

"Ini kan membawa Merah Putih, kalau tidak dibantu pemerintah berarti melanggar UU. Karena ada anak bangsa yang berprestasi dan ingin membuktikan kualitasnya dengan mengibarkan Merah Putih tapi dukungan pemerintah tidak jelas," pungkasnya.

31