Cerita Rio Haryanto yang Tak Suka Nyetir Sendirian

Senin, 22 Februari 2016 14:54 WIB
Editor: Irfan Fikri
© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Keluarga besar Rio Haryanto mengadakan kegiatan syukuran di CFD Solo. Copyright: © Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Keluarga besar Rio Haryanto mengadakan kegiatan syukuran di CFD Solo.

Sang Ayah, Sinyo Haryanto menyatakan bahwa Rio tergolong anak yang ‘penakut’ jika keluar rumah menyetir mobil sendirian.  

“Rio jarang membawa mobil sendiri saat keluar rumah. Dia lebih sering membawa sopir bila hendak bepergian,” terang Sinyo kepada sejumlah media.

Sinyo menyatakan bahwa putra bungsunya itu adalah sosok yang taat aturan lalu lintas. Ketaatannya pada aturan, membuatnya tak pernah ditilang oleh polisi.

“Dia malah tidak berani menyetir sendiri mobil di jalan. Rio juga taat pada peraturan lalu lintas dan berkendara. Jadi, dia tak pernah ditilang oleh polisi,” ucap sang ayah yang juga pengusaha buku tulis bermerek Kiky.

Rio anak dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati. Rio memiliki tiga kakak yang semuanya laki-laki. Putra pertama adalah Roy Haryanto kemudian berturut-turut Ricky Haryanto, Rian Haryanto.

Rio tak hanya taat aturan jalanan. Pembalap yang saat ini sedang jalani tes balap pramusim di Barcelona ini juga taat aturan agama. Sebagai pemeluk Islam, Rio rajin shalat malam (tahajud) dan selalu membaca potongan Ayat Kursi dalam setiap balapan.

Bahkan, Rio sengaja menaruh tulisan Ayat Kursi di cock-pit mobilnya yang musim depan dirancang memakai mobil dari Mercedez, sama seperti juara dunia musim lalu Lewis Hamilton.

Namun, bukan berarti pembalap berusia 23 pemilik wajah oriental ini, sosok yang manja. Selama musim balap nanti, Rio mengaku enggan selalu ditemani kedua orang tuanya.  

“Saya sesungguhnya ingin menemani, tetapi Rio malah menolaknya. Kata dia, seperti anak kecil saja masih minta ditungguin,” timpal sang Ibu menirukan ucapan bungsunya tersebut.