FP 1 GP Spanyol

Rio Haryanto Pecundangi Juara Dunia Hamilton di Trek Lurus

Jumat, 13 Mei 2016 18:28 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Catalunya, Barcelona, GP Spanyol, baru saja selesai bergulir. Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto berhasil menuntaskan balapan dengan baik dan finish di posisi ke-21 sementara pembalap Ferrari, Sebastian Vettel sukses menjadi yang tercepat.

Meski hanya mampu finish di posisi ke-21, Rio tetap tampil baik. Hal itu terbukti saat pembalap asal Solo tersebut masuk dalam daftar 10 besar pembalap dengan kecepatan terbaik di trek lurus atau speed trap.

Speed trap sendiri merupakan kecepatan antara dua titik tercepat saat berada di dalam lintasan atau bisa juga diartikan sebagai waktu tempuh maksimal dalam trek lurus.


Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto

Rio sendiri berada di posisi ke-6 dalam daftar pembalap yang berhasil melaju sangat baik di trek lurus. Pembalap berusia 23 tahun itu meraih catatan 334,6 kilometer per jam.

Dengan hasil tersebut Rio berhasil mengalahkan catatan juara bertahan F1 musim lalu, Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes tersebut hanya mampu berada di posisi ke-9 dengan catatan 332,6 kilometer per jam.

Catatan kecepatan Rio di trek lurus sama dengan pencapaian pembalap Tim Haas, Esteban Gutierrez. Namun, Rio juga berhasil mengalahkan rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein yang meraih kecepatan terbaiknya dengan catatan 334,1 kilometer per jam.


Rio Haryanto sebelum menjajal sirkuit Formula 1

Pada sesi latihan bebas pertama kali ini, pembalap Driver Force India, Sergio Perez berhasil menjadi yang terbaik dengan catatan 337,3 kilometer per jam. Sementara pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen berada di posisi kedua dengan catatan 336,2 kilometer per jam.

Berikut Daftar 10 Besar Pembalap dengan Kecepatan Terbaik di Trek Lurus:

1.1K